Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V pada Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di SDN 01 Koto Baru Dharmasraya

Winda, Maersa Kesuma and Muhammad, Sahnan and Ade, Sri Madona (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V pada Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di SDN 01 Koto Baru Dharmasraya. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
49 WINDA MAERSA KESUMA 1510013411017 Cover.pdf

Download (115kB)
[img] Text
49 WINDA MAERSA KESUMA 1510013411017 Abstrak.pdf

Download (137kB)
[img] Text
49 WINDA MAERSA KESUMA 1510013411017 BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
49 WINDA MAERSA KESUMA 1510013411017 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
49 WINDA MAERSA KESUMA 1510013411017 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
49 WINDA MAERSA KESUMA 1510013411017 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
49 WINDA MAERSA KESUMA 1510013411017 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
49 WINDA MAERSA KESUMA 1510013411017 Daftar Pustaka.pdf

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 01 Koto Baru Dharmasraya, terlihat dari penilaian akhir semester 2 tahun ajaran 2018/2019 pada mata pelajaran IPS. Kurikulum yang digunakan di SDN 01 Koto Baru Dharmasraya adalah kurikulum 2013, akan tetapi disini peneliti hanya menfokuskan kepada pembelajaran dan hasil belajar IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran bamboo dancing terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia di SDN 01 Koto Baru Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yaitu siswa kelas VA berjumlah 16 siswa dan kelas VB berjumlah 19 siswa sehingga jumlah seluruhnya 35 siswa. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data menggunakan tes kognitif. Analisis data uji statistik menggunakan independent sample t-test. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi hanya pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest pada mata pelajaran IPS yaitu kelas VA 79,1 sedangkan nilai rata-rata kelas VB 73,7. Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukan bahwa thitung = 1,70> ttabel = 0,198, maka H1 diterima. Berdasarkan perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran bamboo dancingterhadap hasil belajar IPS siswa kelas V pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia di SDN 01 Koto Baru Dharmasraya. Kata kunci: Bamboo Dancing, IPS,Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 12 Mar 2021 03:27
Last Modified: 12 Mar 2021 03:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3094

Actions (login required)

View Item View Item