PENINKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMECAHAN MASALAH KELAS IV SD NEGERI 14 SINTUK TOBOH GADANG KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Ernitati, Ernitati and Gusmaweti, Gusmaweti and Asrul, Taher (2021) PENINKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMECAHAN MASALAH KELAS IV SD NEGERI 14 SINTUK TOBOH GADANG KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
118 ERNITATI 13100134411359 Cover.pdf

Download (531kB)
[img] Text
118 ERNITATI 13100134411359 Abstrak.pdf

Download (26kB)
[img] Text
118 ERNITATI 13100134411359 BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] Text
118 ERNITATI 13100134411359 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
118 ERNITATI 13100134411359 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
118 ERNITATI 13100134411359 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
118 ERNITATI 13100134411359 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[img] Text
118 ERNITATI 13100134411359 Daftar Pustaka.pdf

Download (7kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar ranah kognitif, dan ranah afektif, dan ranah psikomotor siswa kelas IV pada pembelajaran IPA. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah. Kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. belum banyak siswa yang ikut berpartisipasi aktif dalam pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Oleh karena itu adanya upaya perubahan untuk memperbaiki proses pembelajaran agar siswa mampu memecahkan suatu permasalah dengan penerapan Metode Pemecahan Masalah kelas IV SD Negeri Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Metode pemecahan masalah mampu mengembangkan kemampuan berfikir siswa secara sistematis, logis, kritis, dan analisis. Papulasi dari penelitian adalah siswa yang duduk di kelas IV SDN 14 Sintuk Toboh Gadang Padang Pariaman tahun ajaran 2014/2015. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi akfektif dan spikomotor, dan lembar hasil belajar.analisis penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh hasil belajar siswa pada ranah Kognitif siklus I dengan rata-rata 72,05 dengan persentase ketuntasan 55% meningkatkan pada siklus II dengan rata-rata 83,55 dengan persentase ketuntasan sebesar 85% selanjutnya hasil belajar pada ranah Psikomotor siklus I diperoleh rata-rata 77,2 dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 79,35, dan pada ranah Afektif siklus I di peroleh rata-rata 76,85 dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 81,45 maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV Metode Pemecahan Masalah kelas IV SD Negeri Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman meningkat Kata kunci : pembelajaran IPA, Hasil Belajar, Metode Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 17 Mar 2021 03:45
Last Modified: 17 Mar 2021 03:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3148

Actions (login required)

View Item View Item