PEMENUHAN HAK PASIEN TERHADAP MENU MAKANAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN DERAJAT KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SIJUNJUNG

Lara, Hutari (2021) PEMENUHAN HAK PASIEN TERHADAP MENU MAKANAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN DERAJAT KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SIJUNJUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (30kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (237kB)
[img] Text
bab ii-iii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
bab iv.pdf

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (60kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan gizi bagian dari pelayanan kesehatan yang harus diberikan kepada pasien saat tiba berobat di rumah sakit, sebagai mana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan No 78 tahun 2013 tentang pedoman gizi rumah sakit yang mengatur tentang sisa menu makanan pasien. Permasalahan sisa menu makanan merupakan permasalahan yang terjadi di instalasi gizi RSUD Sijunjung. Penyelenggaraan menu makanan di rumah sakit bertujuan menyediakan makanan yang sesuai bagi orang sakit yang dapat menunjang penyembuhan penyakitnya serta memperpendek masa rawat. Dalam mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi setiap orang. Rumusan masalah: 1) Bagaimanakah upaya pemenuhan hak pasien terhadap Penerapan menu Makanan Dalam Rangka Meningkatkan Derajat Kesehatan di RSUD Sijunjung? 2) Apakah faktor penghambat pemenuhan hak pasien terhadap menu Makanan Dalam Rangka Meningkatkan Derajat Kesehatan di RSUD Sijunjung? Penelitian ini menggunakan pendekatan hukum sosiologis, dan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data diperoleh melalui wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif. Simpulan hasil penelitian: 1) Upaya pemenuhan hak pasien terhadap penerapan menu makanan pasien masih kurang karena tidak adanya perbedaan menu makanan menurut kelas pasien. 2) Faktor penghambat pemenuhan hak pasien terhadap menu makanan meliputi: sumber daya manusia belum terpenuhinya dalam pelatihan gizi, masih kurangnya tenaga gizi dalam pelayanan gizi sehingga belum terpenuhi hak atas pasien atas pelayanan, pelayanan gizi terhadap Pasien di RSUD Sijunjung belum sesuai Pelayanan Gizi Rumah Sakit yang mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan No.78 tahun 2013 tentang pedoman pelayanan gizi, bahwa seorang ahli gizi mempunyai tugas dalam pelayanan pasien dalam memberikan kegiatan pelayanan di RSUD Sijunjung. Kata kunci: Pasien, Menu Makanan, Rumah sakit, Derajat Kesehatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 23 Apr 2021 02:36
Last Modified: 23 Apr 2021 02:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3369

Actions (login required)

View Item View Item