ANALISA ULANG PONDASI TIANG PANCANG PADA PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN SEI SIAK II PEKANBARU

ABEL, PRIMA AFIZON and INDRA, FARNI and RAHMAT, RAHMAT (2020) ANALISA ULANG PONDASI TIANG PANCANG PADA PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN SEI SIAK II PEKANBARU. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Other
64 ABEL PRIMA FIZON 1310015211048 COVER.PDF

Download (13kB)
[img] Other
64 ABEL PRIMA FIZON 1310015211048 ABSTRAK.PDF

Download (33kB)
[img] Other
64 ABEL PRIMA FIZON 1310015211048 BAB I.PDF

Download (233kB)
[img] Other
64 ABEL PRIMA FIZON 1310015211048 BAB II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Other
64 ABEL PRIMA FIZON 1310015211048 BAB III.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Other
64 ABEL PRIMA FIZON 1310015211048 BAB IV.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Other
64 ABEL PRIMA FIZON 1310015211048 BAB V.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Other
64 ABEL PRIMA FIZON 1310015211048 DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (139kB)

Abstract

ANALISA ULANG PONDASI TIANG PANCANG PADA PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN SEI SIAK II PEKANBARU Abel Primafizon1), Indra Farni1), Rahmat1) 1)JurusanTeknikSipil, FakultasTeknikSipildanPerencanaan, Universitas Bung Hatta Email : primafizonabel@gmail.com, indrafarni@bunghatta.ac.id r4mt99@yahoo.com Abstrak Kota Pekanbaru memiliki geologi lahan dengan sifat porositas tanah rendah, rawa dan bergambut tebal, sehingga pembangunan infrastruktur terpaksa dibangun pada tanah yang kurang baik. Tinjauan ini dilakukan pada pelaksanaan pembangunan jembatan khususnya pada struktur pondasi yaitu pondasi tiang pancang. Pemilihan jenis pondasi berdasarkan kondisi tanah dimana pondasi harus mampu menyalurkan beban yang bekerja pada jembatan ke tanah dasar sesuai batas keamanan yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas daya dukung aksial, kapasitas lateral, serta penurunan pada pondasi. Diameter pondasi yaitu D600 mm pada abutmen, dan D800 mm pada pilar. Kapasitas tahanan ujung tiang Qp (End Bearing) dihitung menggunakan motoda Mayerhof, Terzaghi dan Tomlinson. Untuk tahanan kulit Qs (Friction Pile) dihitung dengan Metoda Beta (). Perhitungan kapasitas lateral menggunakan metoda Reese dan Matlock (1960). Untuk perhitungan penurunan tiang pancang kelompok menggunakan rumus empiris dari Mayerhof (1976). Daya dukung aksial tiang grup D600 mm dengan nilai SF 2,5 adalah 11.636 ton lebih besar dari beban yang bekerja yaitu 6051.91 ton , D800 mm dengan SF 3 adalah 14.559 ton lebih besar dari beban yang bekerja yaitu 9295.47 ton. Penurunan pondasi yang terjadi pada tiang D600 mm adalah 3,98 cm dan penurunan pondasi pada tiang D800 mm adalah 3,23 cm. Kata kunci : Jembatan, Pondasi, Tiang Pancang, Faktor Keamanan (FS)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Sri Erlita
Date Deposited: 13 Jul 2020 04:51
Last Modified: 13 Jul 2020 04:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item View Item