Pengembangan E-modul Menggunakan Exe Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Segi Empat Siswa Kelas VII SMP

Dwi, Yola Alfikrah and Susi, Herawati and Niniwati, Niniwati (2021) Pengembangan E-modul Menggunakan Exe Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Segi Empat Siswa Kelas VII SMP. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
2. DWI YOLA ALFIKRAH 1510013211015 COVER.pdf

Download (168kB)
[img] Text
2. DWI YOLA ALFIKRAH 1510013211015 ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img] Text
2. DWI YOLA ALFIKRAH 1510013211015 KATA PENGANTAR - DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. DWI YOLA ALFIKRAH 1510013211015 BAB I.pdf

Download (510kB)
[img] Text
2. DWI YOLA ALFIKRAH 1510013211015 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[img] Text
2. DWI YOLA ALFIKRAH 1510013211015 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text
2. DWI YOLA ALFIKRAH 1510013211015 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2. DWI YOLA ALFIKRAH 1510013211015 BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
2. DWI YOLA ALFIKRAH 1510013211015 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text
2. DWI YOLA ALFIKRAH 1510013211015 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Dwi Yola Alfikrah: Pengembangan E-modul Menggunakan Exe Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Segi Empat Siswa Kelas VII SMP Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang masih kurang memahami bangun datar segi empat dikarenakan pembelajaran yang dilakukan guru cenderung membosankan dan kurang menarik. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kurangnya daya tarik siswa memahami pembelajaran matematika diantaranya, guru masih menggunakan media/bahan ajar yang biasa seperti: penggaris, buku cetak, lks dan lain-lain. Guru kurang tegas dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga membuat siswa kurang memperhatikan guru dalam menjelaskan materi pembelajaran seperti: berbicara dengan teman, sibuk dengan dirinya sendiri atau sibuk dengan kegiatan selain yang berkaitan dengan matematika. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah membuat bahan ajar berupa e-modul pada pembelajaran matematika materi bangun datar segi empat siswa kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-modul untuk pembelajaran matematika materi bangun datar segi empat kelas VII SMP yang valid dan praktis. E-modul ini diharapkan bermanfaat dan memudahkan siswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Data awal dikumpulkan dengan observasi dan wawancara. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan dengan validasi produk oleh 2 (dua) orang dosen pendidikan matematika dan 1 (satu) orang guru matematika. Untuk pengambilan data dilakukan uji praktikalitas oleh 12 orang siswa. Hasil produk dinyatakan sangat valid dengan memperoleh nilai rat a-rata 91,26% sedangkan nilai praktikalitas sebesar 87,35% dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa e-modul menggunakan exe pada pembelajaran matematika materi bangun datar segi empat sudah valid dan praktis. Valid karena telah memenuhi empat aspek validasi. Praktis karena mendapat respon positif dan membantu siswa dalam memahami mata pelajaran matematika khususnya materi bangun datar segi empat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sri Erlita
Date Deposited: 29 Apr 2021 02:55
Last Modified: 29 Apr 2021 03:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3511

Actions (login required)

View Item View Item