PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS V SDN 28 BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Elsha, Elsha and Yusrizal, Yusrizal and Siska, Angreni (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS V SDN 28 BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
32 ELSHA 1510013411089 Cover.pdf

Download (84kB)
[img] Text
32 ELSHA 1510013411089 Abstrak.pdf

Download (129kB)
[img] Text
32 ELSHA 1510013411089 BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
32 ELSHA 1510013411089 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
32 ELSHA 1510013411089 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
32 ELSHA 1510013411089 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
32 ELSHA 1510013411089 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
32 ELSHA 1510013411089 Daftar Pustaka.pdf

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 28 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Circuit Learning terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 28 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas V SDN 28 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 49 siswa. Dalam penelitian ini didapatkan kelas V-B berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V-A berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar PKn ranah kognitif yang didapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tes akhir kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Hal ini dapat dibuktikan dari jumlah nilai dan rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (rata-rata nilai kelas eksperimen 82,4, rata-rata nilai kelas kontrol 72,04) dan dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel ( 3,29 > 2,013). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Circuit Learning berpengaruh terhadap hasil belajar PKn kelas V SD Negeri 28 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Kata Kunci: Circuit Learning, Pembelajaran PKn, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 14 Jul 2020 07:09
Last Modified: 14 Jul 2020 07:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/366

Actions (login required)

View Item View Item