WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN PENGIRIMAN BARANG ANTARA PT. POS INDONESIA CABANG PADANG DENGAN PENGGUNA LAYANAN POS

FITRI, OKTALISA and As, Suhaiti Arief (2021) WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN PENGIRIMAN BARANG ANTARA PT. POS INDONESIA CABANG PADANG DENGAN PENGGUNA LAYANAN POS. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (452kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II-III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (803kB)

Abstract

Dalam pelaksanaan perjanjian pengiriman barang antara PT. Pos Indonesia cabang Padang dengan pengguna layanan pos ditemukan adanya wanprestasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apa sajakah bentuk-bentuk wanprestasi dalam perjanjian pengiriman barang antara PT. Pos Indonesia cabang Padang dengan pengguna layanan pos? (2) Bagaimanakah bentuk ganti rugi atas wanprestasi dalam perjanjian pengiriman barang antara PT. Pos Indonesia cabang Padang dengan penggguna layanan pos? Penelitian ini merupakan penelitian yuridis sosiologis, sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah melalui wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif, dari hasil penelitian menunjukan bahwa (1) bentuk wanprestasi yang terjadi pada PT. Pos Indonesia cabang Padang berupa kerusakan pada barang kiriman, kehilangan barang kiriman dan keterlambatan pada pengiriman barang ke alamat tujuan pengguna layanan pos. (2) Bentuk ganti rugi atas wanprestasi PT. Pos Indonesia cabang Padang memberikan ganti rugi berupa 5 kali ongkos kirim untuk kerusakan barang, 10 kali ongkos kirim untuk kehilangan barang dan 25% ongkos kirim untuk keterlambatan pengiriman barang, ganti rugi juga diberikan dalam bentuk pengembalian berupa barang tetapi tidak sama persis, dengan ketentuan harga barang seimbang dengan 5 atau 10 kali ongkos kirim serta barang tersebut gampang ditemui di daerah PT. Pos Indonesia cabang Padang Kata Kunci : wanprestasi, pengiriman barang, PT. Pos Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 18 May 2021 01:24
Last Modified: 18 May 2021 01:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3806

Actions (login required)

View Item View Item