PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI 018 MARSAWA

Novika, Zulnindi and Syofiani, Syofiani and Syafni, Gustina Sari (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI 018 MARSAWA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
28 NOVIKA ZULNINDI 1510013411069 Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Text
28 NOVIKA ZULNINDI 1510013411069 Abstrak.pdf

Download (125kB)
[img] Text
28 NOVIKA ZULNINDI 1510013411069 BAB I.pdf

Download (89kB)
[img] Text
28 NOVIKA ZULNINDI 1510013411069 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
28 NOVIKA ZULNINDI 1510013411069 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
28 NOVIKA ZULNINDI 1510013411069 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[img] Text
28 NOVIKA ZULNINDI 1510013411069 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
28 NOVIKA ZULNINDI 1510013411069 Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran bahasa Indonesia dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada tema 5 untuk siswa kelas II SD Negeri 018 Marsawa yang valid dan praktis. Teori yang digunakan sebagai acuan adalah pendapat Subana (2009) tentang belajar, Daryanto (2013) tentang modul dan pendapat Jhonson (2007) tentang pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning ini dikembangkan dengan menggunakan three-Dmodels. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II semester genap Tahun Ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan uji validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diujicobakan di kelas II SD Negeri 018 Marsawa untuk mengetahui praktikalitas. Validasi oleh dua orang ahli diperoleh nilai sebesar 85 yang termasuk ke dalam kategori valid dan dari uji nilai praktikalitas dari guru dan siswa sebesar 92,57 berada pada kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil validitas dan praktikalitas, modul ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar sehingga siswa mampu belajar baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru. Kata kunci : Modul Bahasa Indonesia, Pendekatan contextual teaching and learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 16 Jul 2020 02:42
Last Modified: 16 Jul 2020 02:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item View Item