PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 37 PAGAMBIRAN

Mutia, Septrina Khodri and M., Tamrin and Ade, Sri Madona (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 37 PAGAMBIRAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
22 MUTIA SEPTRINA KHODRI 1510013411044 Cover.pdf

Download (73kB)
[img] Text
22 MUTIA SEPTRINA KHODRI 1510013411044 Abstrak.pdf

Download (130kB)
[img] Text
22 MUTIA SEPTRINA KHODRI 1510013411044 BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
22 MUTIA SEPTRINA KHODRI 1510013411044 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
22 MUTIA SEPTRINA KHODRI 1510013411044 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
22 MUTIA SEPTRINA KHODRI 1510013411044 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
22 MUTIA SEPTRINA KHODRI 1510013411044 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
22 MUTIA SEPTRINA KHODRI 1510013411044 Daftar Pustaka.pdf

Download (107kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Model Word Square terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SD Negeri 37 Pagambiran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data hasil belajar IPS adalah tes objektif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 37 Pagambiran yang berjumlah 61 siswa. Dalam penelitian ini sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling dimana kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil belajar setelah diberikan perlakuan didapatkan rata-rata nilai tes siswa kelas eksperimen 87,9 dan siswa kelas kontrol 80,3. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 2,303 dan nilai ttabel sebesar 2,007 pada taraf nyata signifikan ∝ = 0,05%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Kata Kunci: word square, IPS, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 16 Jul 2020 07:30
Last Modified: 16 Jul 2020 07:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/435

Actions (login required)

View Item View Item