PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS VIII SMPN 27 PADANG

Khoiri, Rafika and Rona Taula, Sari and Gusmaweti, Gusmaweti (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS VIII SMPN 27 PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
8 KHOIRI RAFIKA (1510013221006) ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text
8 KHOIRI RAFIKA (1510013221006) BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
8 KHOIRI RAFIKA (1510013221006) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
8 KHOIRI RAFIKA (1510013221006) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
8 KHOIRI RAFIKA (1510013221006) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
8 KHOIRI RAFIKA (1510013221006) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
8 KHOIRI RAFIKA (1510013221006) COVER.pdf

Download (110kB)
[img] Text
8 KHOIRI RAFIKA (1510013221006) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntuk menghasilkan Lembar Kerja Pesera Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning yang valid dan praktis pada materi sistem ekskresi manusia. Bahan ajar yang digunakan guru dalam proses pembelajaran di SMPN 27 Padang berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang di buat oleh tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang meliputi 3 tahapan yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Teknik pengambilan sampel adalah purposive sample yaitu sebanyak 27 siswa kelas VIII SMPN 27 Padang. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah meggunakan angket validitas dan angket praktikalitas. Validator terdiri dari 2 (dua) orang dosen yang ahli dalam bidangnya masing-masing, sedangkan praktikalitas terdiri dari 1 (satu) orang guru dan 27 siswa. Berdasarkan penilaian oleh validator LKPD berbasis Problem Based Learning dinyatakan valid dengan rata-rata nilai (3,25) dengan komponen penilaian berupa kelayakan isi (3,33), komponen kebahasaan (3,25) komponen penyajian (3,33) dan komponen kegrafikan (3,08). Penilaian praktikalitas dilakukan oleh guru sangat praktis (94,09%) dan dinilai sangat praktis oleh siswa (90,66%). Dari penelitian pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning yang dihasilkan valid dan praktis untuk digunakan di sekolah. Diharapkan LKPD ini dapat membantu peserta didik dalam memahami materi sistem ekskresi manusia. Kata Kunci:LKPD, Problem Based Learning, Sistem Ekskresi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 17 Jul 2020 04:26
Last Modified: 17 Jul 2020 04:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/441

Actions (login required)

View Item View Item