Nora, Damayanti and Gusmaweti, Gusmaweti and Lisa, Deswati (2020) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMAN 1 RANAH BATAHAN KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
9 NORA DAMAYANTI (1510013221007) ABSTRAK.pdf Download (124kB) |
|
Text
9 NORA DAMAYANTI (1510013221007) BAB I.pdf Download (153kB) |
|
Text
9 NORA DAMAYANTI (1510013221007) BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
Text
9 NORA DAMAYANTI (1510013221007) BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
|
Text
9 NORA DAMAYANTI (1510013221007) BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) |
|
Text
9 NORA DAMAYANTI (1510013221007) BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
|
Text
9 NORA DAMAYANTI (1510013221007) COVER.pdf Download (129kB) |
|
Text
9 NORA DAMAYANTI (1510013221007) DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul biologi berbasis problem based learning yang valid dan praktis pada materi sistem reproduksi manusia. Ketersedian modul di SMAN 1 Ranah Batahan hanya berupa buku cetak dari perpustakaan. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat dengan populasi 107 siswa kelas XI IPA SMAN 1 Ranah Batahan yang terdaftar pada semester genap 2018/2019, dengan sampel 30 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah simpel random sampling yaitu dilakukan secara acak artinya setiap anggota populasi atau unit dalam populasi mendapat kesempatan yang sama untuk dipilih, pengambilan sampel ini dilakukan sistem undian untuk setiap kelas dan mengambil 10 orang setiap kelas untuk dijadikan sampel. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket validitas dan praktikalitas. Validator terdiri dari 2 (dua) orang dosen, sedangkan praktikalitas teridiri dari 1 (satu) orang guru dan 30 orang siswa SMAN 1 Ranah Batahan. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa modul sangat valid dengan nilai sebesar (92,73%). Modul yang dihasilkan juga sangat praktis oleh guru sebesar (91,46%) dan praktis oleh siswa sebesar (85,91%). Hal ini menunjukkan bahwa modul biologi berbasis problem based learning yang dihasilkan valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran materi sistem reproduksi manusia. Kata kunci: modul, problem based learning,valid,praktis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Putri Pustaka |
Date Deposited: | 17 Jul 2020 04:30 |
Last Modified: | 17 Jul 2020 04:30 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/442 |
Actions (login required)
View Item |