ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 PADANG

Noni Angrelia, Nasution and Erman, Har and Nawir, Muhar (2020) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
11 NONI ANGRELIA NASUTION (1510013221004) ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text
11 NONI ANGRELIA NASUTION (1510013221004) BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
11 NONI ANGRELIA NASUTION (1510013221004) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
11 NONI ANGRELIA NASUTION (1510013221004) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
11 NONI ANGRELIA NASUTION (1510013221004) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
11 NONI ANGRELIA NASUTION (1510013221004) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
11 NONI ANGRELIA NASUTION (1510013221004) COVER.pdf

Download (114kB)
[img] Text
11 NONI ANGRELIA NASUTION (1510013221004) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa berdasarkan aspek literasi sains dan mengetahui kemampuan literasi sains siswa berdasarkan soal PISA pada siswa kelas VII SMP N 22 Padang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, dimana dalam penentuan sampel dengan menggunakan pengambilan sampel menurut Morgan & Krejcie, jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 146 orang siswa. Jenis data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil jawaban soal PISA yang diberikan kepada siswa. Data dikumpulkan dengan cara menyebar soal PISA yang di ambil dari buku Take The Test: Sample Question From OECD’s yang telah diterjemahkan berjumlah 30 butir soal yang terdiri dari 20 soal objektif, 4 soal majemuk dan 6 soal uraian. Teknik analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan jawaban soal literasi sains dan penentuan nilai. Hasil penelitian menunjukkan capaian literasi sains siswa pada tes di kategorikan tuntas dengan skor maksimum literasi sains adalah 36 dan skor ketuntasan menurut PISA adalah 50% dari skor maksimum yaitu 18. Capaian kemampuan literasi sains siswa berdasarkan aspek literasi yang terdiri dari proses sains aspek konten aspek konteks dengan nilai rata-rata 24,38356165. Capaian kemampuan literasi sains berdasarkan format soal dengan nilai rata-rata 22,4723681 dan capaian kemampuan literasi sains berdasarkan skor total dengan nilai rata-rata 24,8630137. Kata Kunci: Literasi sains, PISA, Kemampuan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 17 Jul 2020 04:39
Last Modified: 17 Jul 2020 04:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/446

Actions (login required)

View Item View Item