Kajian Kualitas Pelayanan Moda Transportai Penyeberangan KMP Ambu-ambu dalam Pengangkutan Barang dan Orang Lintas Penyeberangan Regional Pelabuhan Bungus Padang - Kepulauan Mentawai

Aldino Arman, Aldino and Fidel Miro, S.E, MSTr, Fidel and Era Triana, ST, M.Sc, Ph.D, Era (2021) Kajian Kualitas Pelayanan Moda Transportai Penyeberangan KMP Ambu-ambu dalam Pengangkutan Barang dan Orang Lintas Penyeberangan Regional Pelabuhan Bungus Padang - Kepulauan Mentawai. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Hal Pengesahan, Abstrak, Daftar Isi.pdf

Download (893kB)
[img] Text
BAB Pendahuluan.pdf

Download (733kB)
[img] Text
BAB Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Laporan Tugas Akhir Aldino Arman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penggunaan transportasi penyeberangan tidak terlepas dari adanya resiko kecelakaan yang dapat menimpa kapal maupun penumpang didalamnya. Tingginya kasus kecelakaan di dunia menjadi perhatian seluruh pihak, bukan hanya pemilik kapal, melainkan juga pemerintah, instansi terkait maupun masyarakat. Kecelakaan kapal penyeberangan menyebebkan ratusan nyawa rakyat Indonesia melayang. Penyebeb kecelakaan beragam, mulai dari kebekaran, kelebihan muatan sampai dengan usia kapal yang dimanipulasi. Kondisi ini diperparah oleh lemahnya tingkat pengawasan dari para pemangku kebijakan. Penyebab utama kecelakaan penyeberangan pada umumnya karna faktor kelebihan angkutan dari daya angkut yang telah ditetapkan, baik angkutan barang maupun angkutan orang. Untuk saat ini pengguna jasa pelayanan KMP Ambu-ambu melebihi kapasitas dari jumlah target tiket yang ditentukan. Artinya jumlah penumpang melebihi jumlah maksimal kapasitas kapal sehingga dapat berdampak terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah menilai kualitas pelayanan moda transportasi penyeberangan dalam pengangkutan barang dan orang lintas penyeberangan regional pelabuhan Bungus Padang - Kepulauan Mentawai) Untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan yang diberikan jasa transportasi penyeberangan berdasarkan Peraturan Mentri Perhubungan Nomor PM 62 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Penyeberangan [1] terdapat 6 indikator yaitu keselamatan, keamanan, kenyamanan, kemudahan dan keterjangkauan, kesetaraan dan keteraturan. Metode analisis yang digunakan yaitu metode komparatif, metode customer Satisfaction Index (CSI), metode importance-performance analysis (IPA) dan diagram kartesius. Dari analisis yang telah dilakukan, diketahui nilai kepuasan yaitu 0,53 atau cukup puas. Atribut pelayanan yang diprioritaskan untuk diperbaiki pada ruang duduk (ruangan tertutup dan / atau terbuka), fasilitas AC, TV/Vidio/Audio dan pengeras suara, fasilitas peribadatan dan fasilitas dapur/kantin/kavetaria.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: PWK FTSP
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:41
Last Modified: 30 Aug 2021 02:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5804

Actions (login required)

View Item View Item