Afifah, Osesli and Lisa, Deswati (2021) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS PROBLEM SOLVING YANG DISERTAI CONCEPT MAPPING PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI IPA SMAN 1 BATUSANGKAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER_ABSTRAK_DAN DAFTAR ISI.pdf Download (327kB) |
|
Text
BAB PENDAHULUAN.pdf Download (410kB) |
|
Text
BAB KESIMPULAN SARAN.pdf Download (187kB) |
|
Text
SKRIPSI_FULLTEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis problem solving yang disertai concept mapping yang valid dan praktis pada materi sistem koordinasi. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Batusangkar dengan populasi 180 siswa kelas XI IPA 1-5 SMAN 1 Batusangkar yang terdaftar pada semester genap 2020/2021, dengan sampel 45 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling yaitu dilakukan secara acak dengan sistem undian untuk pengambilan 9 orang sampel setiap kelas. Instrumen penelitian ini menggunakan angket validitas dan praktikalitas. Validator terdiri dari 3 (tiga) orang guru dan 45 orang siswa SMAN 1 Batusangkar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan valid yaitu (85,55%) dengan tiga aspek penilaian : kelayakan isi 90% (sangat valid), aspek kebahasaan 83,33% (valid), dan aspek penyajian 83,33% (valid) . Modul yang dihasilkan juga sangat praktis oleh guru (94,15%) dengan empat aspek penilaian: kemudahan penggunaan 92,86% (sangat praktis), manfaat 95% (sangat praktis), daya tarik 95% (sangat praktis), dan waktu pembelajaran 93,75% (sangat praktis) serta praktis oleh siswa (86,58%) dengan empat aspek penilaian: kemudahan penggunaan 88% (praktis), manfaat 85% (praktis), daya tarik 87,22% (praktis), dan waktu pembelajaran 86,11% (praktis). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul berbasis problem solving yang disertai concept mapping yang dikembangkan valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran materi sistem koordinasi. Kata kunci: modul, problem solving, concept mapping, valid, praktis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PBIO FKIP |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 06:54 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 06:54 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6004 |
Actions (login required)
View Item |