PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS PROBLEM SOLVING YANG DISERTAI CONCEPT MAPPING PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI IPA SMAN 1 BATUSANGKAR

Afifah, Osesli and Lisa, Deswati (2021) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS PROBLEM SOLVING YANG DISERTAI CONCEPT MAPPING PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI IPA SMAN 1 BATUSANGKAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER_ABSTRAK_DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text
SKRIPSI_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis problem solving yang disertai concept mapping yang valid dan praktis pada materi sistem koordinasi. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Batusangkar dengan populasi 180 siswa kelas XI IPA 1-5 SMAN 1 Batusangkar yang terdaftar pada semester genap 2020/2021, dengan sampel 45 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling yaitu dilakukan secara acak dengan sistem undian untuk pengambilan 9 orang sampel setiap kelas. Instrumen penelitian ini menggunakan angket validitas dan praktikalitas. Validator terdiri dari 3 (tiga) orang guru dan 45 orang siswa SMAN 1 Batusangkar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan valid yaitu (85,55%) dengan tiga aspek penilaian : kelayakan isi 90% (sangat valid), aspek kebahasaan 83,33% (valid), dan aspek penyajian 83,33% (valid) . Modul yang dihasilkan juga sangat praktis oleh guru (94,15%) dengan empat aspek penilaian: kemudahan penggunaan 92,86% (sangat praktis), manfaat 95% (sangat praktis), daya tarik 95% (sangat praktis), dan waktu pembelajaran 93,75% (sangat praktis) serta praktis oleh siswa (86,58%) dengan empat aspek penilaian: kemudahan penggunaan 88% (praktis), manfaat 85% (praktis), daya tarik 87,22% (praktis), dan waktu pembelajaran 86,11% (praktis). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul berbasis problem solving yang disertai concept mapping yang dikembangkan valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran materi sistem koordinasi. Kata kunci: modul, problem solving, concept mapping, valid, praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PBIO FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2021 06:54
Last Modified: 30 Aug 2021 06:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6004

Actions (login required)

View Item View Item