Sona Agustio, Putra and WARDI, WARDI and Nursyaifi, Yulius (2021) ANALISIS PRIORITAS PENANGANAN ASET DAN FASILITAS JALAN KABUPATEN KERINCI. Masters thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
Tesis Sona Agustio Point 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis Sona Agustio Point 2.pdf Download (94kB) |
|
Text
Tesis Sona Agustio Point 3.pdf Download (74kB) |
|
Text
Tesis Sona Agustio Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Analisis Prioritas Penanganan Aset Dan Fasilitas Jalan Kabupaten Kerinci Sona Agustio Putra1), Wardi 2), M. Nursyaifi Yulius 2). 1)Mahasiswa S2 Teknik Sipil, 2)Universitas Bung Hatta, Padang, Indonesia Dosen, Pascasarjana, Unversitas Bung Hatta, Indonesia e-mail :sonaagustio.p@gmail.com ABSTRAK Jalan merupakan aset yang harus dikelola dan difungsikan secara optimal, dan merupakan prasarana transportasi darat yang penting dalam pertumbuhan ekonomi, pembangunan dan sosial. Kabupaten kerinci merupakan kawasan dalam provinsi jambi memiliki panjang jalan berdasarkan SK bupati nomor : 050/Kep.400/2015 sepanjang 933, 12 Km yang terdiri dari 223 Ruas Jalan. Ruas jalan tersebut menghubungkan kawasan-kawasan di dalam kabupaten kerinci mengharuskan penanganan secara maksimal namun kemampuan pemerintah daerah untuk menyediakan anggaran sangat terbatas.Penentuan prioritas penanganan ruas jalan harus dilakukan secara merata sesuai dengan kebutuhan sehingga tujuan dari keberadaan jalan tersebut tetap terpenuhi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kriteria-kriteria yang mempengaruhi dalam penentuan prioritas penangan jalan dan menentukan urutan prioritas dalan penanganan jalan dikabupaten kerinci.Penentuan prioritas dengan bantuan metode Analytical Hierarcy Process (AHP) dilakukan dengan mengkombinasikan berbagai kriteria yaitu : kondisi jalan, Aksesbilitas,Ekoonomi, kebijakan, Lingkungan dan Bangunan Pelengkap jalan. Data hasil kuesioner menunjukkan bahwa dari 6 (lima) kriteria yang diambil dalam penelitian ini yakni Kondisi Jalan (0,302) lalu diikuti kriteria Ekonomi (0,224), kriteria Aksesbilitas (0,205), Kriteria Kebijakan (0,122), Kriteria Lingkungan (0,093) dan Kriteria Bangunan Pelengkap Jalan (0,054). Dengan memasukkan 6 (enam) kriteria tersebut terhadap 8 ruas yang mewakili dalam penelitian ini, ruas jalan yang menjadi prioritas pertama adalah Ruas Jalan Simpang Belui – Sungai Bermas (1,051) Kata kunci :Penanganan Jalan, Prioritas dan Analisis Hierarki Proses
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Magister Teknik Sipil |
Depositing User: | Teknik Sipil Magister |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 03:05 |
Last Modified: | 02 Sep 2021 03:05 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6315 |
Actions (login required)
View Item |