Dewi, Ramadani and Khairudin, Khairudin and Puspa, Amelia (2020) Penerapan Model SQ4R pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Adabiah Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
2 DEWI RAMADANI 1310013211055 Cover.pdf Download (77kB) |
|
Text
2 DEWI RAMADANI 1310013211055 Abstrak.pdf Download (84kB) |
|
Text
2 DEWI RAMADANI 1310013211055 BAB I.pdf Download (278kB) |
|
Text
2 DEWI RAMADANI 1310013211055 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
|
Text
2 DEWI RAMADANI 1310013211055 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
|
Text
2 DEWI RAMADANI 1310013211055 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
|
Text
2 DEWI RAMADANI 1310013211055 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
|
Text
2 DEWI RAMADANI 1310013211055 Daftar Pustaka.pdf Download (89kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan siswa yang masih rendah dalam memahami matematika. Siswa hanya mengharapkan penjelasan dari guru dan mengerjakan tugas yang telah diberikan contoh sebelumnya. Akibatnya pembelajaran kurang efektif, karena hanya sebagian kecil siswa yang terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, untuk mengatasi hal ini maka penulis mencoba menerapkan model SQ4R. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model SQ4R pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Adabiah Padang. Pertanyaan penelitian ini adalah “Bagaimanakah aktivitas belajar siswa yang pembelajarannya menerapkan model SQ4R di kelas VIII SMP Adabiah Padang?”. Hipotesis penelitian adalah Hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran menerapkan model SQ4R lebih baik dari pembelajaran biasa di kelas VIII SMP Adabiah Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Adabiah Padang tahun pelajaran 2019/2020. Untuk pengambilan sampel dilakukan secara acak setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas populasi dan uji kesamaan rata-rata. Siswa kelas VIII2 dengan 32 orang terpilih sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII1 dengan 30 orang terpilih sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perlakuan yang diberikan kepada kelas sampel saat penelitian yaitu penerapan model SQ4R pada kelas eksperimen dan pembelajaran biasa pada kelas kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar matematika siswa yang diperoleh setelah diberikan perlakuan sesuai variabel bebas. Uji hipotesis hasil tes akhir matematika siswa di analisis dengan menggunakan uji t.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 19 Aug 2020 03:48 |
Last Modified: | 28 May 2021 08:56 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/633 |
Actions (login required)
View Item |