Mislidina, Ikhsan and Niniwati, Niniwati and Puspa, Amelia (2020) Penerapan Model Pembelajaran Generatif pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 30 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
4 MUSLIDINA IKHSAN 1410013211056 Cover.pdf Download (170kB) |
|
Text
4 MUSLIDINA IKHSAN 1410013211056 Abstrak.pdf Download (336kB) |
|
Text
4 MUSLIDINA IKHSAN 1410013211056 BAB I.pdf Download (570kB) |
|
Text
4 MUSLIDINA IKHSAN 1410013211056 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
|
Text
4 MUSLIDINA IKHSAN 1410013211056 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) |
|
Text
4 MUSLIDINA IKHSAN 1410013211056 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
|
Text
4 MUSLIDINA IKHSAN 1410013211056 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
Text
4 MUSLIDINA IKHSAN 1410013211056 Daftar Pustaka.pdf Download (277kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang dapat dilihat berdasarkan persentase nilai Ujian Semester Genap siswa kelas VII SMP Negeri 30 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Ini disebabkan karena pembelajaran yang masih terpusat pada guru dan kurangnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran generatif. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Generatif lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Generatif lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa pada siswa SMP Negeri 30 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari delapan kelas. Kelas sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eskperimen dan kelas kontrol. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara pengambilan 2 kelas secara acak yang mempunyai kesamaan rata-rata, dan kelas yang terpilih adalah siswa kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data hasil belajar matematika siswa pada kelas sampel, dengan uji perbedaan rata-rata dengan taraf , diperoleh , maka yaitu > , berarti tolak . Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran generatif lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran generatif lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa. Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menerapkan model pembelajaran generatif dalam pembelajaran matematika sebagai salah satu usaha untuk menjadikan pembelajaran menjadi lebih aktif dan dapat menjadikan hasil belajar siswa menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 19 Aug 2020 04:21 |
Last Modified: | 28 May 2021 08:53 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/640 |
Actions (login required)
View Item |