Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Teknik Bisnis Berisiko Pada Pemebelajaran Matematika Siswa kelas VIII SMPN 27 Padang

Mariani, Hutapea and Fauziah, Fauziah and Puspa, Amelia (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Teknik Bisnis Berisiko Pada Pemebelajaran Matematika Siswa kelas VIII SMPN 27 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
5 Mariani Hutapea 1410013211061 Cover.pdf

Download (67kB)
[img] Text
5 Mariani Hutapea 1410013211061 Abstrak.pdf

Download (17kB)
[img] Text
5 Mariani Hutapea 1410013211061 BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
5 Mariani Hutapea 1410013211061 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
5 Mariani Hutapea 1410013211061 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
5 Mariani Hutapea 1410013211061 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
5 Mariani Hutapea 1410013211061 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
5 Mariani Hutapea 1410013211061 Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika yang berdasarkan persentase nilai siswa kelas VIII SMPN 27 Padang Tahun ajaran 2018/2019 pada Ujian Akhir Semester Ganjil di kelas VIII Tahun ajaran 2019/2020 masih di bawah KKM. Rendahnya hasil belajar matematika siswa ini disebabkan karena proses pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada guru dan kesulitan siswa dalam menjawab soal yang diberikan jika dihadapkan dengan soal-soal yang berkaitan dengan materi. Dan juga kurang tanggung jawab dan kerja keras siswa terhadap kelompok jika guru meminta siswa berkelompok. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Teknik Bisnis Berisiko. Dengan diterapkannya model ini, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Teknik Bisnis Berisiko lebih baik dari hasil belajar siswa dengan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMPN 27 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif menggunakan Teknik Bisnis Berisiko lebih baik dari hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran biasa siswa kelas VIII SMPN 27 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang Tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data tes akhir hasil belajar siswa pada kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata (t-test) pada taraf

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 19 Aug 2020 06:41
Last Modified: 28 May 2021 08:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/643

Actions (login required)

View Item View Item