Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Padang

Mutia, Amelinda and Niniwati, Niniwati and Puspa, Amelia (2020) Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
6 MUTIA AMELINDA 1510013211022 Cover.pdf

Download (218kB)
[img] Text
6 MUTIA AMELINDA 1510013211022 Abstrak.pdf

Download (238kB)
[img] Text
6 MUTIA AMELINDA 1510013211022 BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
6 MUTIA AMELINDA 1510013211022 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
6 MUTIA AMELINDA 1510013211022 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
6 MUTIA AMELINDA 1510013211022 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
6 MUTIA AMELINDA 1510013211022 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
6 MUTIA AMELINDA 1510013211022 Daftar Pustaka.pdf

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang memiliki nilai yang rendah pada pembelajaran matematika. Siswa mengalami kesulitan mengerjakan soal yang berbeda dengan contoh soal yang diberikan oleh guru. Untuk mengetahui seberapa besar penguasaan materi siswa dapat dilihat dari perolehan nilai hasil belajar siswa. Masih banyaknya hasil belajar siswa dibawah nilai KKM. Hal ini dikarenakan siswa kurang memahami materi pembelajaran dan mereka tidak berusaha untuk mencari serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka model pembelajaran Inquiry diterapkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hasil belajar matematika yang menerapkan Model Inquiry lebih baik dari pada hasil belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran biasa di kelas VIII SMPN 22 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 22 Padang tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dipilih dari populasi yang ada, setelah diketahui bahwa populasi homogen dipilih dua kelas sampel secara acak. Dari kedua kelas sampel, ditetapkan kelas VIII7 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Inquiry, dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran biasa. Data hasil belajar matematika pada kelas sampel diperoleh dari tes uraian yang diberikan terdiri atas 5 butir soal. Hasil tes yang diperoleh dianalisis untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t test. Diperoleh t’ = 2,60 dan . Karena t’ > maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Inquiry lebih baik dari hasil belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMP Negeri 22 Padang. Penerapan model Inquiry memberikan dampak yang positif terhadap keaktifan dan hasil belajar matematika siswa, maka hendaklah peneliti selanjutnya dapat menerapkan model pembelajaran ini. Karena penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMPN 22 Padang dengan materi lingkaran maka peneliti berharap juga dapat dikembangkan pada materi lain yang sesuai model Inquiry dalam jangka waktu yang lebih lama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 19 Aug 2020 06:49
Last Modified: 28 May 2021 08:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/645

Actions (login required)

View Item View Item