PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 PELANGAI GADANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Putri, Azizcha Zandra and Arlina, Yuza and Daswarman, Daswarman (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 PELANGAI GADANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
59 PUTRI AZIZCHA ZANDRA 1610013411088 COVER.pdf

Download (71kB)
[img] Text
59 PUTRI AZIZCHA ZANDRA 1610013411088 Abstrak.pdf

Download (90kB)
[img] Text
59 PUTRI AZIZCHA ZANDRA 1610013411088 BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
59 PUTRI AZIZCHA ZANDRA 1610013411088 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
59 PUTRI AZIZCHA ZANDRA 1610013411088 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
59 PUTRI AZIZCHA ZANDRA 1610013411088 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
59 PUTRI AZIZCHA ZANDRA 1610013411088 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
59 PUTRI AZIZCHA ZANDRA 1610013411088 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Penemuan Terbimbing yang valid, praktis dan efektif pada materi keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dibatasi menjadi 3-D. Penelitian ini dilakukan pada awal semester genap tahun ajaran 2019/2020. Data dikumpulkan melalui angket dan tes hasil belajar. Rancangan LKPD yang telah dirancang divalidasi oleh tiga orang dosen dan satu orang guru kelas IV. Analisis data validitas menunjukkan bahwa LKPD yang dihasilkan dalam kategori sangat valid dengan persentase kevalidan 93%. Pada analisis data praktikalitas, diperoleh bahwa LKPD yang dihasilkan dalam kategori sangat praktis dengan persentase kepraktisan 92,5% oleh guru dan 92,6% oleh siswa dengan kategori sangat praktis. Pembelajaran menggunakan LKPD yang telah dikembangkan dinyatakan sudah efektif hal ini dilihat pada hasil belajar siswa, dimana ketuntasan klasikalnya adalah 88%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Penemuan Terbimbing yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar untuk mengajarkan materi keliling dan luas bangun datar. Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Penemuan Terbimbing, Keliling dan Luas Bangun Datar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 26 Jun 2020 07:06
Last Modified: 30 Jun 2020 04:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/66

Actions (login required)

View Item View Item