Arima, Trisminingsih and Khairudin, Khairudin and Edrizon, Edrizon (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education Kelas X. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
11 ARIMA TRISMININGSIH 1510013211010 Cover.pdf Download (110kB) |
|
Text
11 ARIMA TRISMININGSIH 1510013211010 Abstrak.pdf Download (108kB) |
|
Text
11 ARIMA TRISMININGSIH 1510013211010 BAB I.pdf Download (525kB) |
|
Text
11 ARIMA TRISMININGSIH 1510013211010 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
|
Text
11 ARIMA TRISMININGSIH 1510013211010 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
Text
11 ARIMA TRISMININGSIH 1510013211010 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11 ARIMA TRISMININGSIH 1510013211010 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
|
Text
11 ARIMA TRISMININGSIH 1510013211010 Daftar Pustaka.pdf Download (318kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan guru ketika guru membuat bahan ajar untuk membantu peserta didik mengembangkan pemikiran peserta didik. Bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik yang dibuat guru, dimulai dari mengenalkan rumus matematika menjadikan peserta didik cenderung menerima dan menghafal rumus. Sehingga, pengetahuan peserta didik kurang bermakna. Hal ini disampaikan dari pendapat CORD (dalam Wijaya, 2011: 3) suatu pengetahuan akan menjadi bermakna bagi peserta didik jika proses pembelajaran dilaksanakan dalam suatu konteks. Selain itu, dipembelajaran scienific terdapat tahap menalar/ mengasosiasi yang membutuhkan kreativitas pemikiran dan penalaran peserta didik. Jenis pendekatan yang dapat digunakan dengan suatu konteks dan membutuhkan kreativitas pemikiran dan penalaran peserta didik salah satunya adalah realistik. Beberapa materi matematika yang dapat digunakan dari pembelajaran realistik adalah sistem persamaan linear, program linear, matriks, serta barisan dan deret. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Realistic Mathematics Education untuk kelas X. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Realistic Mathematics Education yang valid dan praktis untuk kelas X. Hipotesis penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Realistic Mathematics Education kelas X pada materi sistem persamaan linear dua dan tiga variabel yang dikembangkan adalah valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development. LKPD berbasis RME ini dikembangkan dengan model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaaran (desseminate). Namun penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan (develop). Validasi dilakukan oleh para ahli yang terdiri dari dua orang dosen dan satu orang guru, untuk melihat apakah media pembelajaran ini sudah valid. Uji praktikalitas yang dilaksanakan oleh satu orang guru dan 28 orang peserta didik. Berdasarkan hasil angket uji validitas, bahwa LKPD berbasis RME adalah valid diperoleh rata-rata kevalidan sebesar 81,94%. Berdasarkan hasil angket uji praktikalitas dari guru dan peserta didik, bahwa LKPD berbasis RME adalah praktis diperoleh rata-rata sebesar 80,77% dan 81,96%. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis RME pada materi sistem persamaan linear kelas X SMAN 1 Batang Anai ini valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan LKPD ini bisa digunakan sebagai media alternatif oleh tenaga pendidik, perlu dilakukannya penelitian lebih lanjut pada sekolah lain, karena peneliti hanya sampai pada praktis dan uji coba skala kecil.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 02:07 |
Last Modified: | 28 May 2021 08:03 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/671 |
Actions (login required)
View Item |