Nur, Azizah and Susi, Herawati and Fazri, Zuzano (2020) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Padang pada Materi Himpunan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
14 Nur Azizah 1510013211013 Cover.pdf Download (58kB) |
|
Text
14 Nur Azizah 1510013211013 Abstrak.pdf Download (133kB) |
|
Text
14 Nur Azizah 1510013211013 BAB I.pdf Download (139kB) |
|
Text
14 Nur Azizah 1510013211013 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
Text
14 Nur Azizah 1510013211013 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
|
Text
14 Nur Azizah 1510013211013 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
|
Text
14 Nur Azizah 1510013211013 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
Text
14 Nur Azizah 1510013211013 Daftar Pustaka.pdf Download (100kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan komunikasi matematis. Namun kenyataannya dilapangan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa belum optimal. Siswa sering keliru dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Oleh sebab itu, perlu diteliti mengenai kemampuan komunikasi matematis tulis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis tulis siswa serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis tulis siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 9 siswa, 3 siswa kategori tinggi, 3 siswa dengan kategori sedang dan 3 siswa dengan kategori rendah. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematis, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata siswa dari hasil tes kemampuan komunikasi matematis tulis adalah 52,14 dari skor ideal 80. Berdasarkan hal tersebut, kemampuan komunikasi matematis tulis SMP Negeri 22 Padang dapat dikatakan baik. Faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis tulis, yaitu : 1) Kemampuan siswa dalam menafsirkan persoalan matematika. Dengan kemampuan menafsirkan soal, hal ini akan dapat memudahkan siswa untuk menulis informasi yang di peroleh dari suatu permasalah dengan benar. 2) Pemahaman materi. Dengan memahami materi, maka peserta didik mampu menentukan rumus dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh, disarankan kepada guru untuk lebih mengarahkan siswa dalam melakukan penyelesaian masalah matematika sesuai dengan tahapan yang benar dan menggunakan simbol-simbol matematika yang tepat, agar siswa lebih terarah dalam menyelesaikan soal dan kemampuan komunikasi matematis menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 02:27 |
Last Modified: | 28 May 2021 07:52 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/675 |
Actions (login required)
View Item |