Nur, Wastika Sari and Fauziah, Fauziah and Puspa, Amelia (2020) Pengaruh Model Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada pembelajaran matematika kelas VII di SMP Negeri 31 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
15 NUR WASTIKA SARI 1510013211019 Cover.pdf Download (72kB) |
|
Text
15 NUR WASTIKA SARI 1510013211019 Abstrak.pdf Download (98kB) |
|
Text
15 NUR WASTIKA SARI 1510013211019 BAB I.pdf Download (393kB) |
|
Text
15 NUR WASTIKA SARI 1510013211019 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
Text
15 NUR WASTIKA SARI 1510013211019 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
|
Text
15 NUR WASTIKA SARI 1510013211019 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (716kB) |
|
Text
15 NUR WASTIKA SARI 1510013211019 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
Text
15 NUR WASTIKA SARI 1510013211019 Daftar Pustaka.pdf Download (17kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang pada Ujian Semester ganjil di kelas VII Tahun Pelajaran 2019/2020 yang masih di bawah KKM. Hal ini disebabkan siswa tidak dapat mengerjakan soal yang berbeda dari contoh soal yang diberikan guru. Kondisi Pembelajaran tersebut menyebabkan kemampuan berpikir kreatif siswa kurang optimal. Hal ini berdampak terhadap hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model Eliciting Activities (MEAs). Dengan diterapkannya model Eliciting Activities (MEAs) ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika pada kelas VII SMPN 31 Padang dari pada pembelajaran saintifik. Hipotesis dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dengan menerapkan model Eliciting Activities (MEAs)lebih baik dari kemampuan berpikir matematika siswa yang tidak menerapkan model Eliciting Activities (MEAs) di kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang yang terdiri dari delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.6 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data tes akhir pemahaman konsep siswa pada kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata (ttest) pada taraf kepercayaan � = 0.05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,323 dan t(0.95 ; 62) = 167,19 maka thitung > t(0.95 ; 62) dan artinya tolak H0 dan diterima H1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang dengan menerapkan model Eleciting Activities (MEAs) lebih baik dari kemampuan berpikir kreatif siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru matematika dan pembaca dapat menerapkan model Eliciting Activities (MEAs) ini sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kreativitas matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 02:36 |
Last Modified: | 28 May 2021 07:49 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/677 |
Actions (login required)
View Item |