Fazri Zuzano (2015) Peningkatan Aktitas Belajar Matematika Dengan 16 Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Round Robin Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematifta FKIP Universitas Bung Hatta. Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat, 2 (1). ISSN p-2407-4527 e- 2460-1047
Other
Artikel Lemma 2015.PDF Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar persamaan diferensial dengan menerapkan model pembelajaran kolaboratif teknik Round Robin bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bung Hatta. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di kelas perkuliahan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bung Hatta yaitu dari tanggal 14 April 2015 sampai tanggal 26 Mei 2015. Subyek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang mengikuti mata kuliah persamaan diferensial dengan peneliti yang berjumlah 20 orang. Penelitian dilaksankan dalam 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada siklus I diperoleh persentase mahasiswa yang memiliki nilai minimal setara C+ adalah 35 % dan rata-rata persentase aktivitas mahasiswa adalah 30,9% , sedangkan pada siklus II diperoleh 50 % yang memiliki nilai setara C+ dan rata-rata persentase aktivitas mahasiswa adalah 73,4% . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kolaboratif teknik Round Robin dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bung Hatta pada mata kuliah persamaan diferensial
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | fazri zuzano |
Date Deposited: | 24 Dec 2021 03:27 |
Last Modified: | 25 Dec 2021 07:37 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6992 |
Actions (login required)
View Item |