Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Enginneering and Mathtematics (STEM) Pada Matakuliah Sistem Operasi.

Ariska, Ariska and Karmila, Suryani and Iga, Setia Utami (2020) Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Enginneering and Mathtematics (STEM) Pada Matakuliah Sistem Operasi. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
8 Ariska 1610013231002 Cover.pdf

Download (58kB)
[img] Text
8 Ariska 1610013231002 Abstrak.pdf

Download (104kB)
[img] Text
8 Ariska 1610013231002 BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
8 Ariska 1610013231002 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
8 Ariska 1610013231002 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
8 Ariska 1610013231002 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
8 Ariska 1610013231002 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
8 Ariska 1610013231002 Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawncara didapatkan keterangan bahwa pada saat ini mahasiswa sudah memiliki bahan ajar berupa buku cetak , namun belum berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics, masih kurangnya minat mahasiswa untuk belajar mandiri serta belum adaadanya bahan ajar yang berbentuk elektronik modul (E-Modul). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul pembelajaran berbasis STEM pada matakuliah sistem operasi di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Bung Hatta. Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur ADDIE, dengan langkah-langkah adalah sebagai berikut (1) Analisis (analysis), (2) Design (design), (3) Pengembangan (development), (4) Implementasi (implementation), (5) Evaluasi (evaluation). Instrumen teknik analisa data menggunakan analisa deskriptip dengan menggunakan lembar validasi dan angket praktikalitas. Tahap pengujian kelayakan E-Modul dilakukan dengan cara validasi produk oleh dua orang pakar, yaitu ahli desain dan ahli konten. Nilai validitas produk dengan kategori sangat valid yaitu 92,44 % sedangkan untuk menguji kepraktisan dari produk, dilakukan uji coba kepada 17 orang mahasiswa dengan hasil analisa praktikalitas adalah 81,70 % pada kategori praktis. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa E-Modul pembelajaran berbasis STEM yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran diperkuliahan serta E-Modul ini kedepannya diharapkan bisa diakses secara online. Kata Kunci: E-Modul, STEM, Pembelajaran kooperatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:49
Last Modified: 28 May 2021 04:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/702

Actions (login required)

View Item View Item