Kajian Peningkatan Kinerja Ruas Jalan Simpang Lubeg-Indarung (Studi Lokasi : Ruas Jalan Didepan Pasar Bandar Buat)

Indri, Rahmadani and Fidel Miro, S.E, MSTr, Fidel and Ezra, Aditia,ST , M.Sc (2022) Kajian Peningkatan Kinerja Ruas Jalan Simpang Lubeg-Indarung (Studi Lokasi : Ruas Jalan Didepan Pasar Bandar Buat). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i.cover,lembar pengesahan, abstar,daftar isi.pdf

Download (753kB)
[img] Text
ii.Bab Pendahuluan.pdf

Download (903kB)
[img] Text
iii.Kesimpulan,Rekomendasi,Daftar Isi.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Full Text Tugas Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan Undang-undang nomor 38 tahun 2004 tentang jalan salah satu syarat jalan arteri sekunder yaitu lalu lintas cepat dan tidak boleh terganggu oleh lalu lintas lambat, namun kenyataannya terdapat pasar tradisional yaitu pasar Bandar Buat yang berada tepat ditepi ruas jalan Simpang Lubeg-Indarung yang merupakan merupakan salah satu jalan Arteri Sekunder yang menghubungkan Kota Padang dengan Kota/Kabupaten bagian Timur di Provinsi Sumatera Bara. Terdapat dua hari sibuk atau hari pekan di pasar Bandar Buat yaitu pada hari Sabtu dan hari Selasa. Semakin ramainya kegiatan pasar maka akan semakin tinggi pergerakan lalu lintas dan semakin tinggi hambatan samping yang terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis MKJI1997 jalan perkotaan. Teknik pengumpulan data primer seperti manual Traffic Counting untuk lalu lintas dan hambatan samping sepanjang 200 meter dilakukan pada hari Sabtu dan hari Selasa dimulai pukul 06.00-18.00 WIB, menentukan kondisi geometrik jalan berupa pengukuran lebar jalan, lebar bahu jalan dan menentukan tipe jalan,. Teknik pengolahan data berupa konversi arus lalu lintas yang dinyatakan dengan smp/jam dan hambatan samping berdasarkan nilai atau bobot masing-masing hambatan. Berdasarkan hasil penelitian Kinerja ruas jalan Simpang Lubeg-Indarung terendah terjadi pada hari sabtu pukul 10.00-11.00 WIB yaitu dengan tingkat pelayanan D dengan nilai V/C 0,78, hal ini disebabkan oleh tingginya volume lalu lintas yaitu 2068,25 smp/jam dan tingginya hambatan samping yaitu 670,4 kejadian, untuk itu disarankan perlunya penerapan alternatif guna peningkatan kinerja ruas jalan Simpang Lubeg-Indarung didepan pasar Bandar Buat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: PWK FTSP
Date Deposited: 09 Mar 2022 07:11
Last Modified: 09 Mar 2022 07:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7726

Actions (login required)

View Item View Item