PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN 24 PARUPUK TABING KECAMATAN KOTO TANGAH PADANG

Nofriadinur, Nofriadinur and Rana, Taula Sari and MUSLIM, MUSLIM (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN 24 PARUPUK TABING KECAMATAN KOTO TANGAH PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
8 NOFRIADINUR 1410013411050 Cover.pdf

Download (36kB)
[img] Text
8 NOFRIADINUR 1410013411050 Abstrak.pdf

Download (31kB)
[img] Text
8 NOFRIADINUR 1410013411050 BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
8 NOFRIADINUR 1410013411050 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
8 NOFRIADINUR 1410013411050 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
8 NOFRIADINUR 1410013411050 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
8 NOFRIADINUR 1410013411050 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
8 NOFRIADINUR 1410013411050 Daftar Pustaka.pdf

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas V di SDN 24 Parupuk Tabing dengan membandingkan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperiment. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel 37 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar telah valid dan reliabil. Hasil penelitian menemukan bahwa pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN 24 Parupuk Tabing. Hasil belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping adalah 72.7 sedangkan pada kelas konvensional 64 selanjutnya dilakukan uji coba hipotesisi diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 8.209 > 2.155 dengan taraf nyata 0.05 dengan demikian hipotesis. Dengan demikian hipotesis H1 diterima. Terdapatnya pengaruh yang signifikan dari penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN 24 Parupuk Tabing. Kata Kunci :Model Pembelajaran Mind Mapping, hasil belajar, experiment, IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 26 Aug 2020 07:07
Last Modified: 26 Aug 2020 07:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/780

Actions (login required)

View Item View Item