PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI SDN 16 SEBERANG PADANG SELATAN

Jupidawati, Jupidawati and Hendra, Hidayat and Siska, Angreni (2020) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI SDN 16 SEBERANG PADANG SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
4 JUPIDAWATI 1210013411208 Cover.pdf

Download (74kB)
[img] Text
4 JUPIDAWATI 1210013411208 Abstrak.pdf

Download (116kB)
[img] Text
4 JUPIDAWATI 1210013411208 BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
4 JUPIDAWATI 1210013411208 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
4 JUPIDAWATI 1210013411208 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
4 JUPIDAWATI 1210013411208 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
4 JUPIDAWATI 1210013411208 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
4 JUPIDAWATI 1210013411208 Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran scrambledi SDN 16 Seberang Padang Selatan. Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ujian akhir siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru,aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh aktivitas bertanya baik kepada guru maupun temannya yaitu 55% pada siklus I meningkat menjadi 82,5% pada siklus II. Aktivitas menjawab pertanyaan baik kepada guru maupun temannya 45% pada siklus I meningkat menjadi 82,5% pada siklus II. Aktivitas bekerja sama mengerjakan lembar diskusi siswa (LDK) scramble 50% pada siklus I meningkat menjadi 80% pada siklus II. Rata – rata persentase aktivitas pelaksanaan proses pembelajaran guru 60,52% pada siklus I meningkat menjadi 81,57% pada siklus II. Rata – rata hasil belajar siswa pada siklus I menjadi 70,25 dengan ketuntasan 50% meningkat menjadi 75,25 dengan ketuntasan 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada siklus I ke siklus II setelah menggunakan model scramble. Kata kunci : Aktivitas, Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Scramble

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 26 Aug 2020 08:31
Last Modified: 26 Aug 2020 08:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/795

Actions (login required)

View Item View Item