ANALISIS YURIDIS PELANGGARAN MEREK DAGANG ANTARA WARKOP DKI DENGAN WARKOPI DITINJAU DARI TRADE RELATED ASPECTS OF INTELLECTUAL PROPERTY RIGHTS 1994 (TRIPs)

Lulu, Augussiana and Deswita, Rosra (2022) ANALISIS YURIDIS PELANGGARAN MEREK DAGANG ANTARA WARKOP DKI DENGAN WARKOPI DITINJAU DARI TRADE RELATED ASPECTS OF INTELLECTUAL PROPERTY RIGHTS 1994 (TRIPs). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i.cover.pdf

Download (376kB)
[img] Text
ii.abstrak.pdf

Download (33kB)
[img] Text
iii.bab 1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
iv.bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
v.bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
vi. bab 4.pdf

Download (93kB)
[img] Text
vii.daftar pustaka.pdf

Download (137kB)

Abstract

Hak atas kekayaan intelektual yang berkaitan dengan merek diatur dalam Undang-Undang Merek No. 20 Tahun 2016, khususnya mengenai pelanggaran merek sebagaimana diatur dalam Ayat 100 Pasal 1 sampai degan 3. Sedangkan hukum internasional, Perlindungan hak kekayaan intelektual diatur oleh TRIPs 1994 (Trade Related Aspects Of Intellectual Property Rights), sehubungan dengan kasus pelanggaran merek dagang dan hak cipta yang dibawa oleh Warkopi terhadap Warkop DKI, kasus ini diatur oleh Departemen Umum Kekayaan Intelektual sebagai otoritas yang berwenang dalam masalah hak kekayaan intelektual . Rumusan masalah: 1. Bagaimana pengaturan merek antara Warkop DKI dan Warkopi dalam TRIPs 1994 ? 2. Bagaimanakah pelanggaran merek dagang oleh Warkopi terhadap Warkop DKI dan upaya penyelesaiannya? Metode penelitian yang digunakan adalah hukum normatif dengan sumber data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Teknik pengumpulan melalui studi dokumentasi,data analisis secara kualitatif. Hasil penelitian: 1. Sesuai dengan isi Perjanjian TRIPs pada Pasal 15 dan 16, pemilik merek terdaftar berhak melarang pihak ketiga menggunakan merek tersebut tanpa izin dari pemilik merek atau layanan. 2. Pelanggaran yang dilakukan Warkopi terhadap Warkop DKI merupakan pelanggaran hak ekonomi yang diatur dalam pasal 100 undang-undang nomor 20 tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis, upaya penyelesaian dapat dilakukan melalui jalur rumah asalkan pihak Warkopi bersedia mengubah nama kelompok dalam waktu 7 hari dan tidak menerima karya yang bernilai komersial jika menyandang nama dan citra yang sama dengan Warkop DKI jika pihak Warkop melakukan tindakan yang melanggar hubungan langsung, dapat dikenakan sanksi pidana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 16 Mar 2022 01:44
Last Modified: 16 Mar 2022 01:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8227

Actions (login required)

View Item View Item