Analisis Proses Berfikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert Di Kelas VII SMPN 29 Padang

Refnita, Refnita and Edrizon, Edrizon and Niniwati, Niniwati (2020) Analisis Proses Berfikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert Di Kelas VII SMPN 29 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
27 REFNITA 1510013211017 Cover.pdf

Download (60kB)
[img] Text
27 REFNITA 1510013211017 Abstrak.pdf

Download (93kB)
[img] Text
27 REFNITA 1510013211017 BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
27 REFNITA 1510013211017 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
27 REFNITA 1510013211017 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
27 REFNITA 1510013211017 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
27 REFNITA 1510013211017 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
27 REFNITA 1510013211017 Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa siswa kelas VII di SMP 29 Padang yang rendah dalam mengubah masalah matematika dari bentuk cerita menjadi model matematika. Terdapat beragam proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika yang diberikan oleh guru yang dipengaruhi oleh kepribadian siswa yang juga beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa kelas VII SMPN 29 Padang yang memiliki kepribadian ekstrovert dan kepribadian introvert dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMPN 29 Padang. Siswa kelas VIII.9 terpilih sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah, kuesioner kepribadian dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan tipe kepribadian introvert dari kelompok tinggi cenderung memiliki proses berpikir asimilasi sedangkan siswa dengan tipe kepribadian introvert dari kelompok rendah cenderung memiliki proses berpikir akomodasi dalam menyelesaikan masalah matematika. Sementara siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dari kelompok tinggi cenderung memiliki proses berpikir asimilasi dan siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert kelompok rendah cenderung memiliki proses pemikiran akomodasi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar guru memberikan pemahaman atau arahan kepada siswa untuk membuat rencana penyelesaian terlebih dahulu sebelum menyelesaikan masalah atau menguji ulang solusi yang diperoleh, sehingga kesalahan yang muncul dalam memecahkan masalah dapat segera diketahui dan diperbaiki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:58
Last Modified: 27 May 2021 08:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/836

Actions (login required)

View Item View Item