Analisis Kesulitan Belajar dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Padang

Munenta, Munenta and Rita, Desfitri and Yusri, Wahyuni (2020) Analisis Kesulitan Belajar dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
28 MUNENTA 1210013211075 Cover.pdf

Download (65kB)
[img] Text
28 MUNENTA 1210013211075 Abstrak.pdf

Download (78kB)
[img] Text
28 MUNENTA 1210013211075 BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
28 MUNENTA 1210013211075 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
28 MUNENTA 1210013211075 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
28 MUNENTA 1210013211075 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
28 MUNENTA 1210013211075 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
28 MUNENTA 1210013211075 Daftra Pustaka.pdf

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Untuk itu perlu dilakukan analisis tentang kesulitan yang dialami siswa yaitu kesulitan konsep, prinsip dan algoritma serta mendiskripsikan faktor penyebab siswa mengalami kesulitan tersebut. Tujuan dilaksanakan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui persentase setiap kesulitan yang dialami siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang dalam menyelesaikan soal matematika, 2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas VII.7 SMP Negeri 25 Padang sebagai sampel penelitian. Intrumen penelitian berupa lembar jawaban ulangan harian semester genap dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami soal sebanyak 90,62%, 2) siswa yang mengalami kesulitan dalam menterjemakan soal sebanyak 59,37%, 3) siswa yang kesulitan dalam proses penyelesaian soal sebanyak 93,75%. Berdasarkan wawancara dan hasil ulangan harian ditemukan beberapa penyebab kesulitan siswa dalam menjawab soal, yaitu yang berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Dari hasil penelitian, saran yang dapat peneliti berikan agar kesulitan yang dialami siswa dapa diatasi dengan cara belajar yang lebih giat. Kemudian guru sebaiknya melakukan analisis terhadap kesulitan yang dialami siswa dalam menjawab soal sehingga dapat menentukan langkah yang tepat untuk mengatasi kesulitan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Aug 2020 04:09
Last Modified: 27 May 2021 08:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/838

Actions (login required)

View Item View Item