Pengembangan Education Game Berbasis PowerDroid dalam Pembelajaran Matematika untuk siwa kelas VIII SMP

Gena, Disa Pratami and Rita, Desfitri (2022) Pengembangan Education Game Berbasis PowerDroid dalam Pembelajaran Matematika untuk siwa kelas VIII SMP. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, DAFTAR ISI.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN_.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Kebiasaan siswa menggunakan Smartphone menjadikan kemandirian dan keaktifan siswa menjadi kurang terarah, hal ini dikarenakan kurang bervariasinya penggunaan media pembelajaran sehingga membuat siswa bosan dan kurang berminat dalam belajar matematika, siswa juga sulit memahami pembelajaran matematika salah satunya materi persamaan garis lurus. Guru menyadari pentingnya penggunaan media yang tepat akan sangat membantu keefektifan pembelajaran. Keterbatasan fasilitas sekolah membuat guru sulit mengaplikasikan media pembelajaran dikelas. Salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru adalah Microsoft Power Point. Media pembelajaran yang dapat dikembangkan oleh Microsoft Power Point adalah media pembelajaran PowerDroid. PowerDroid adalah Media Pembelajaran yang menggabungkan PowerPoint dan Android menjadi sebuah media yang utuh dan berkesinambungan. Berdasarkan permasalahan diatas, peneliti mengembangan education game berbasis PowerDroid dalam Pembelajaran matematika untuk siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian yang digunakan Research & Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh sugiyono. Terdapat 10 langkah penelitian, peneliti membatasi langkah-langkah penelitian menjadi 7 langkah, yaitu: 1) Potensi dan masalah; 2) Pengumpulan data; 3) Desain produk; 4) Validasi desain; 5) Revisi desain; 6) Uji coba produk; dan 7) Revisi produk. Penelitian dilakukan di SMPS Yapphi Pasar Usang dengan melibatkan 4 siswa dan 1 guru mata pelajaran matematika pada tanggal 6 juli 2022 untuk mengetahui tingkat kelayakan aplikasi/media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitaif dan kualitatif. Hasil validasi ahli materi diperoleh presentase akhir dengan besaran 100% dikategorikan “sangat valid”, hasil validasi ahli media diperoleh presentase akhir dengan besaran 87% dikategorikan “valid”. Setelah validasi selesai dilanjutkan uji praktikalitas siswa dan guru, Hasil presentase praktikalitas siswa dengan besaran 94,64% dikategorikan “sangat praktis”, hasil praktikalitas guru dengan besaran 100% dikategorikan “sangat praktis. Didukung juga dari hasil tanggapan guru dan siswa yang positif, serta hasil evaluasi siswa yang sudah memenuhi passing score (nilai kelulusan). Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan education game berbasis PowerDroid pada pembelajaran matematika untuk siswa kelas VIII SMP Sangat layak digunakan sebagai aplikasi/media pembelajaran disekolah dan pembelajaran siswa secara mandiri. Kata Kunci: Smarthphone, Education Game, PowerDroid, Microsoft Power Point, Persamaan garis lurus

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 05 Aug 2022 01:27
Last Modified: 05 Aug 2022 01:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9258

Actions (login required)

View Item View Item