Dita, Puspita and Khairudin, Khairudin (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM SOLVING MELALUI APLIKASI EDPUZZLE PADA MATERI PERBANDINGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
Cover - daftar isi.pdf Download (657kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (306kB) |
|
Text
Kesimpulan & Daftar Pustaka.pdf Download (408kB) |
|
Text
Skripsi Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran interaktif dengan menggunakan aplikasi edpuzzle, sebagai media pembelajaran dan pengumpulan tugas siswa di kelas VII SMP Negeri Megang Sakti. Dengan menggunakan aplikasi tersebut dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang di gunakan. Materi yang di gunakan pada saat penelitian adalah perbandingan di kelas VII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D). Penelitian pengembangan produk yang dilakukan berorientasi pada metode Borg dan Gall yang dilakukan dengan 7 tahapan dari 10 tahapan prosedur meliputi: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain produk, (5) revisi desain produk, (6) uji coba produk, (7) revisi produk. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh 2 validator ahli, 1 guru mata pelajaran matematika serta siswa kelas VII SMP Negeri Megang Sakti yang berjumlah 10 siswa. Produk akhir dalam penelitian ini berupa video pembelajaran interaktif edpuzzle. Desain penelitian berupa video pembelajaran dengan unsur soal yang dapat dikerjakan di dalam video. Hasil validasi produk dari ahli materi mendapatkan persentase sebesar 75% dengan kriteria “valid”, hasil validasi dari ahli media mendapatkan persentase sebesar 95,31% dengan kriteria “valid”, hasil dari penilaian guru 94,44% dengan kriteria “sangat praktis”, dan hasil dari penilaian siswa sebesar 85% dengan kriteria “sangat valid”. Berdasarkan hasil tersebut video pembelajaran interaktif melalui edpuzzle sudah valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci : R & D, media pembelajaran interaktif, aplikasi edpuzzle, materi Perbandingan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PMAT FKIP |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 01:26 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 01:26 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9396 |
Actions (login required)
View Item |