CAMPUR KODE KELAS KATA BAHASA MELAYU DIALEK JAMBI DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII B SMP N 11 TEBO JAMBI

Maullinia Resti Arrabi'ah, Resti and Syofiani, Syofiani (2022) CAMPUR KODE KELAS KATA BAHASA MELAYU DIALEK JAMBI DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII B SMP N 11 TEBO JAMBI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL MAULLINIA RESTI ARRABI'AH.pdf

Download (823kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN MAULLINIA RESTI ARRABI'AH.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN MAULLINIA RESTI ARRABI'AH.pdf

Download (237kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI MAULLINIA RESTI ARRABI'AH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis campur kode dan penyebab terjadinya campur kode oleh guru dan siswa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII B SMP N 11 Tebo Jambi, teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Tarigan (dalam Wardhani, 2018) tentang kedwibahasaan, Nursaid dan Maksan (2002) tentang kontak bahasa, Kridalaksana (2008) tentang campur kode, Suwito (dalam Rokhman, 2013) tentang penyebab campur kode, dan Rahima (2002) tentang bahasa Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah tuturan guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII B SMP N 11 Tebo Jambi. Penelitian ini dilakukan dengan teknik rekaman yaitu merekam tuturan guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan alat perekam, mentranskripsikan hasil rekaman dalam bentuk tulisan, mengelompokkan tuturan berdasarkan objek yang diteliti. Hasil penelitian ini ditemukan 54 data campur kode kelas kata yang terdapat pada tuturan guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII B SMP N 11 Tebo Jambi, yang terdiri dari 42 data kelas kata kerja, 9 data kelas kata sifat, 1 data kelas kata benda, dan 2 data kelas kata bilangan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa campur kode yang yang terdapat pada tuturan guru dan siswa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII B SMP N 11 Tebo Jambi dominan terjadi pada kelas kata kerja, karena data yang ditemukan sebanyak 42 data kelas kata kerja, berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab terjadinya campur kode pada tuturan guru dan siswa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII B SMP N 11 Tebo Jambi dikarenakan lingkungan siswa sering menggunakan bahasa Daerah Melayu dialek Jambi serta lebih mudah memahami penjelasan materi yang disampaikan guru apabila menggunakan bahasa Daerah Melayu dialek Jambi. Kata Kunci: campur kode, kelas kata, bahasa, Melayu, dialek Jambi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: PINDO FKIP
Date Deposited: 08 Aug 2022 12:44
Last Modified: 08 Aug 2022 12:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9538

Actions (login required)

View Item View Item