NILAI ISLAMI DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL DZIKIR- DZIKIR CINTA KARYA ANAM KHOIRUL ANAM DAN NOVEL KEMBARA RINDU KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY: KAJIAN INTERTEKSTUAL

Aidil, Yamin and Yetty, Morelent and Endut, Ahadiat (2022) NILAI ISLAMI DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL DZIKIR- DZIKIR CINTA KARYA ANAM KHOIRUL ANAM DAN NOVEL KEMBARA RINDU KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY: KAJIAN INTERTEKSTUAL. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Tesis - Aidil Yamin (2).pdf

Download (1MB)
[img] Text
dok 1.pdf

Download (184kB)
[img] Text
dok 2.pdf

Download (152kB)
[img] Text
dok 3.pdf

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Aidil Yamin. 2020. Tesis. Nilai islami dan Nilai Pendidikan dalam Novel Dzikir- dzikir Cinta Karya Anam Khoirul Anam dan Novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman El Shirazy: Kajian Intertekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai Islami dan nilai pendidikan dalam novel Dzikir- dzikir Cinta dan Novel Kembara Rindu. Teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori Nurgiyantoro (2010), Muhammad Daud Ali (2015), Hasbullah (2019). Jenis penelitian adalah kualitatif dengan metode deskriptif, sedangkan sumber data novel Dzikir- dzikir Cinta Karya Anam Khoirul Anam dan novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman El Shirazy. Teknik pengumpulan data yaitu membaca dan memahami novel, mencatat dan menggarisbawahi lalu mengklasifikasi data. Langkah analisis data dengan cara mengidentifikasi, menginterpretasi data, dan merumuskan kesimpulan dari analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai islami dan pendidikan pada kedua novel memiliki persamaan. Nilai Islami pada kedua novel berkaitan dengan aqidah, syariah dan akhlak. Ketiga nilai ini dihadirkan oleh pengarang karena merupakan nilai dasar keislaman yang harus ditanamkan semenjak dini pada diri seorang anak. Nilai Islami pada kedua novel menyangkut ranah akidah yakni keyakinan terhadap kekuasaan Allah Swt, ranah syariah yaitu tentang pentingnya melaksanakan ibadah, dan ranah akhlak yaitu pentingnya hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. Nilai pendidikan yang terdapat pada kedua novel yaitu pendidikan sekolah, keluarga dan masyarakat. Ketiga nilai pendidikan ini dihadirkan oleh pengarang untuk memberikan gambaran bahwa proses pendidikan itu merupakan satu mata rantai yang saling berkaitan dan saling mendukung. Dalam kedua novel dijabarkan tentang pentingnya penanaman dasar-dasar keagamaan dan budi pekerti dalam keluarga, pendidikan sekolah untuk memperoleh ilmu, dan pendidikan di masyarakat untuk penerapan dan pembiasaan. Perbedaan nilai Islami pada kedua novel tersebut terletak pada penerapan ajarannya, novel Dzikir-dzikir Cinta penerapannya dilakukan di sekolah, sedangkan novel Kembara Rindu penerapannya tercermin pada masyarakatnya. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pemahaman terhadap akidah, syariah dan akhlak untuk kedua novel memiliki persamaan, namun diwujudkan dalam bentuk yang berbeda. Sedangkan untuk nilai pendidikan kedua novel menerapkan pentingnya pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat berkolaborasi agar hasil pendidikan itu baik. Kata kunci: nilai, Islami, pendidikan, novel, intertekstual

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: PINDO Magister
Date Deposited: 07 Aug 2022 03:23
Last Modified: 07 Aug 2022 03:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9568

Actions (login required)

View Item View Item