PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS MODEL PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 06 TENGAH PADANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

LITIA, AYURA PUTRI and DARWIANIS, DARWIANIS (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS MODEL PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 06 TENGAH PADANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS MODEL PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 06 TENGAH PADANG KABUPATEN PESISIR SELATAN Litia Ayura Putri1 , Darwianis1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : litiaayuraputri1@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran PKn berbasis model pendekatan konstruktivisme pada Tema 6 Untuk Siswa kelas V SD Negeri 06 Tengah Padang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah pembelajaran PKn, Tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (development) yaitu tahap ujicoba. Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, untuk uji praktikalitas dilakukan pada guru dan siswa kelas V SD Negeri 06 Tengah Padang. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (92,2%), dengan aspek materi (85%), aspek desain (91,6%), aspek bahasa (100%). Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis dengan nilai rata-rata (95,9%), dengan nilai praktikalitas dari guru dengan rata-rata (97,5%) dan dari siswa (94,4%). Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran PKn berbasis model pendekatan konstruktivisme pada kelas V SD sudah valid dan praktis digunakan sebagai salah satu sumber dalam pembelajaran PKn di kelas V Sekolah Dasar. Kata Kunci: pengembangan, modul, pembelajaran PKn, model konstruktivisme

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Aug 2022 03:03
Last Modified: 07 Aug 2022 03:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9657

Actions (login required)

View Item View Item