PENGARUH VARIASI TEMPERATUR PEMANASAN DAN PERLAKUAN TEMPERING TERHADAP KEKUATAN TARIK BAJA AISI 1045

andika, andika and burmawi, burmawi (2024) PENGARUH VARIASI TEMPERATUR PEMANASAN DAN PERLAKUAN TEMPERING TERHADAP KEKUATAN TARIK BAJA AISI 1045. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ii. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text
iii. SKRIPSI FULL TEXT ANDIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Baja AISI 1045 adalah material yang umum digunakan dalam industri permesinan dan konstruksi, dikenal karena ketahanan terhadap keausan, asam, dan korosi, serta ketangguhan. Poros roda sepeda motor sering kali terpengaruh oleh faktor eksternal dalam aplikasinya. Pada penelitian ini menggunakan spesimen baja AISI 1045 dengan temperatur pemanasan 723℃, 800℃, dan 900℃ waktu penahan 60 menit dan dilanjutkan dengan tempering 400℃ selama 120 menit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kekuatan tarik pada baja AISI 1045 dalam pengaplikasian poros motor. Dari hasil penelitian didapatkan nilai tegangan maksimum menurun seiring dengan meningkatnya temperatur pemanasan yang didapatkan nilai terendah pada temperatur 800℃ sebesar 568,734 MPa dan tertinggi pada spesimen temperatur 723℃ sebesar 647,353 MPa. Nilai regangan tarik bertambah seiring dengan meningkatnya temperatur pemanasan dengan nilai tertinggi 27,99% temperatur 800℃ dan nilai terendah 22,8% pada temperatur 900℃. Variasi temperatur pemanasan optimum yaitu temperatur 800℃ dan menghasilkan spesimen yang lebih ulet dan tangguh serta cocok diaplikasikan pada poros motor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Teknik Mesin FTI
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:35
Last Modified: 06 Sep 2024 07:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22469

Actions (login required)

View Item View Item