Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Dewan Komisaris dan Kinerja Lingkungan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 – 2021)

Afzalur, Rahman and Herawati, Herawati (2022) Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Dewan Komisaris dan Kinerja Lingkungan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 – 2021). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Corporate Sosial Responsibility merupakan pengungkapan di dalam laporan tahunan yang tidak hanya berpijak pada single bottom line yaitu nilai perusahaan (corporate value), namun juga berpijak pada triple bottom lines yaitu keuangan, sosial dan lingkungan. Sejak tanggal 23 september 2007, pengungkapan CSR mulai diwajibkan melalui UU Perseroan Terbatas Pasal 66 ayat 2c Nomor 40 tahun 2007. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan pengaruh profitabilitas, leverage,ukuran dewan komisaris dan kineja lingkungan terhadap pengungkapan CSR. Pada penelitian ini metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang mana menghasilkan sebanyak 13 perusahaan dari 75 perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2017 – 2021. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa annual report dan laporan keuangan tahunan perusahaan yang diambil dari www.idx.co.id. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris dan kinerja lingkungan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR. Kata kunci : profitabilitas; leverage; ukuran dewan komisaris; kineja lingkungan; pengungkapan CSR

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:56
Last Modified: 10 Aug 2022 03:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10143

Actions (login required)

View Item View Item