ANALISIS KONDISI LINGKUNGAN BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 09 BEROK NIPAH PADANG

Shinta, Lestari and Erman, Har (2022) ANALISIS KONDISI LINGKUNGAN BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 09 BEROK NIPAH PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. Cover.pdf

Download (883kB)
[img] Text
ii. Pendahuluan .pdf

Download (230kB)
[img] Text
iii. BAB V Kesimpulan .pdf

Download (175kB)
[img] Text
iv. Full teks .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan umtuk menganalisis kondisi lingkungan belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di SD Negeri 09 Berok Nipah Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan jumlah total sampel sebanyak 18 siswa yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket kondisi lingkungan belajar siswa dengan 15 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan hasil rata-rata kondisi lingkungan belajar adalah 3.55 ± 0,27. Terdapat hubungan yang signifikan dengan t hitung 6.901 dan koefisien desterminasi 12,0%, hal ini berarti kondisi lingkungan belajar (X) berkontribusi tehadap hasil belajar (Y). Hubungan kondisi belajar dengan hasil belajar secara umum memperlihatkan hubungan yang rendah 0,120. Penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata kondisi lingkungan belajar termasuk kategori rendah. Dari hasil penelitian diharapkan siswa dapat memahami apa yang dipelajari dengan baik. Kata Kunci : Kondisi Lingkungan Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Aug 2022 06:35
Last Modified: 11 Aug 2022 06:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10266

Actions (login required)

View Item View Item