PENGEMBANGAN E-MEDIA BERBASIS POWER POINT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS I SDN 04 IX KOTO DHARMASRAYA

Annisa, Fathul Hidayah and Rio, Rinaldi (2022) PENGEMBANGAN E-MEDIA BERBASIS POWER POINT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS I SDN 04 IX KOTO DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (768kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
ALHAMDULILLAH SKRIPSI ANNISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

PENGEMBANGAN E-MEDIA BERBASIS POWER POINT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)SISWA KELAS I SDN 04 IX KOTO DHARMASRAYA 〖Annisa Fathul Hidayah〗^1, 〖Rio Rinaldi〗^2 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : annisafathulh@gmail.com ABSTRAK Penelitian dilakukan di SDN 04 IX Koto Dharmasraya pada kelas IA yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya fasilitas belajar seperti guru tidak menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-media pembelajaran Berbasis power point pada materi menentukan kosa kata pada peristiwa siang dan malam dengan tampilan media yang menarik sehingga menimbulkan semangat pada siswa dalam proses pembelajaran. Teori yang digunakan adalah pembelajaran sesuai pendapat Komalasari (2017), dan pembelajaran bahasa Indonesia sesuai pendapat Susanto (2013). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) yang dikemukakan oleh Sugiyono (2012) dengan model procedure 4D. Hasil penelitian media pembelajaran dinyatakan sangat valid oleh validator dengan rata-rata nilai yaitu 92,60%, rata-rata validasi ini dapat dilihat dari masing-masing penilaian yang diberikan oleh validator seperti aspek kelayakan desain mendapat nilai 92,18%, aspek kelayakan materi mendapatkan nilai 94,73% dan aspek kelayakan bahasa mendapatkan nilai 90,90%. Media yang dikembangkan dan dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata 97,37%. Serta dinyatakan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata nilai 96,66%. Hasil penelitian pada uji efektivitas dikategorikan sangat efektif dengan rata-rata presentase 94,72%, hasil tes yang dicapai oleh siswa sudah melebihi KKM yaitu 75%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis power point pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan pendekatan CTL siswa kelas I SDN 04 IX Koto Dharmasraya dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I. Kata Kunci : pembelajaran, kontekstual bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:49
Last Modified: 15 Aug 2022 01:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10465

Actions (login required)

View Item View Item