PENGARUH DUKUNGAN ATASAN DAN STRES PERAN TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN KETERIKATAN PERAWAT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus RS Dr. Reksodiwiryo Padang)

SHINTA, TRIADMA and Listiana, Sri Mulatsih and Reni Yuliviona, Reni Yuliviona (2022) PENGARUH DUKUNGAN ATASAN DAN STRES PERAN TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN KETERIKATAN PERAWAT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus RS Dr. Reksodiwiryo Padang). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (994kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (988kB)
[img] Text
PENUTUP DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TESIS SHINTA TRIADMA-OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan - banyaknya terjadi fenomena turnover intention pada perawat non PNS di RS Dr. Reksodiwiryo Padang. Banyak faktor yang mempengaruhinya seperti bentuk dukungan atasan, stres peran dalam menghadapi pekerjaan, dan keterikatan antar perawat. Tujuan dari tesis ini adalah untuk untuk menguji hubungan antara persepsi dukungan atasan dan stres peran terhadap turnover intention yang dimediasi oleh keterikatan perawat dengan objek para perawat non PNS di RS Dr. Reksodiwiryo Padang. Fenomena – fenomena yang terjadi di RS Dr. Reksodiwiryo Padang dari hasil survey sementara adalah banyaknya fenomena turnover intention yang terjadi pada perawat non PNS. Research gap - penelitian ini adalah inovasi terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi fenomena turnover intention yang terjadi pada perawat non PNS yaitu dukungan atasan, stres peran, dan keterikatan perawat yang belum pernah dilakukan penelitian sebelumnya di kota Padang. Keterbaruan – Penelitian ini adalah pengembangan penelitian sebelumnya, dimana penulis menambahkan satu variabel bebas lagi dari jurnal utama sebelumnya yaitu stres peran pada perawat. Desain / metodologi / pendekatan – Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen. Data berasal dari jawaban responden terhadap kuesioner yang diberikan kepada perawat non PNS RS Dr. Reksodiwiryo Padang yang mencakup data tentang dukungan atasan dan stres peran turnover intention serta keterikatan perawat. Teknik yang digunakan dalam mengambil data adalah kuisioner. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 96 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Metode menganalisis data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis data inferensial menggunakan analisis persamaan struktural (Modeling) (Measurement Assessement) dengan memanfaatkan software SmartPLS 3.2.8.PLS (Partial Least Square). Temuan - Hasil dari penelitian menunjukkan pembuktian terhadap tujuh hipotesis yang diajukan antara lain: 1) Dukungan atasan tidak berpengaruh terhadap turnover intention, 2) Stres peran tidak berpengaruh terhadap turnover intention, 3) Dukungan atasan tidak berpengaruh terhadap keterikatan perawat, 4) Stres peran tidak berpengaruh terhadap keterikatan perawat, 5) Keterikatan perawat berpengaruh terhadap turnover intention, 6) Keterikatan perawat memediasi hubungan antara dukungan atasan dengan turnover intention perawat, dan 7) Keterikatan perawat memediasi hubungan antara stres peran dengan turnover intention. Kata Kunci : dukungan atasan, stres peran, turnover intention, keterikatan perawat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen
Depositing User: Manajemen Magister
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:08
Last Modified: 15 Aug 2022 03:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10501

Actions (login required)

View Item View Item