PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJARA IPS SISWA KELAS III SDN2 TANJUNG GADANG KABUPATEN SIJUNJUNG

Fauzan, Riski and Muhammad, Sahnan and rona, taula Sari (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJARA IPS SISWA KELAS III SDN2 TANJUNG GADANG KABUPATEN SIJUNJUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (111kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari penerapan model pembelajaran Snowball Throwingterhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SDNegeri 2TanjungGadang KabupatenSijunjung. Jenis penelitian merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III di SDNegeri 2TanjungGadang Kabupaten Sijunjung pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 37 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling, sampel diambil berdasarkan pertimbangan peneliti dengan mengamati persentase ketuntasan nilaiujian semester I siswa pada kedua kelas yaitu pada kelas III A sebanyak 60% sedangkan kelas III B sebanyak 47%. Berdasarkan pertimbangan peneliti, didapatkan hasil ujian semester I siswa yang tuntas di dalam pembelajaran IPS lebih banyak terdapat pada kelas III A.Kelas III Bdijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas III A sebagai kelas eksperimen.Hasil belajar pada ranah kognitif dilihat dari hasil tes akhir penelitian. Sehingga diperoleh hasil belajar siswa pada kelas kelas eksperimen (rata-rata 77,0), kelas kontrol (rata-rata 65,0). Data dalam penelitian berupa tes akhir selanjutnya diolah dengan uji t. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t, diperoleh t�����2,44 dant�� �2,30. Setelah dilakukan perbandingan maka t����� > t�� � ( 0,05)dengan demikian H� diterima. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar pada aspek kognitif siswa kelas III SD Negeri 2 TanjungGadang KabupatenSijunjung.Oleh sebab itu diharapkan kepada guru kelas untuk dapat menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing, sebagai salah satu model dalam pembelajaran IPS di seluruh siswa tingkat Sekolah Dasar. Kata kunci : Pembelajaran IPS, Model pembelajaran Snowball Throwing, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:44
Last Modified: 10 Feb 2023 02:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10728

Actions (login required)

View Item View Item