PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 24 JATI GAUNG PADANG

INTAN, NADA GEMINDAH and Yetty, morelent and Hendra, Hidayat (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 24 JATI GAUNG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (991kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ntan Nada Gemindah, 2018 Skripsi “Pengaruh Model PembelajaranRole Playing Terhadap Hasil Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 24 Jati Gaung Padang.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu pendidikan. Universitas Bung Hatta, Padang. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahuai ada tidaknya pengaruh dari model Role Playing terhadap hasil keterampilan Berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa di sekolah SDN 24 Jati Gaung Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar dan pembelajaran yang dikemukakan oleh Pribadi (2009:9). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 24 Jati Gaung Padang. sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA Sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Role Playing. Disini peneliti menggunakan scenario sebagai media pembelajaran teknik mengumpulkan data dengan cara: (1).menyediakan scenario,(2) mengamati siswa untuk memerankan Drama, sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara:(1) membacakan hasil pembelajaran kepada siswa,(2) menganalisis data,(3) mengamati semua kemampuan siswa, (4) menguraikan analisis data, (5) menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa yang diberikan perlakuan dengan model Role Playing dibandingkan dengan metode konvensional thitung > ttabel dimana 3,90 > 2,032.Dengan nilai rata-rata 89,00 pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol dengan ratarata 67,07. Berdasarkan hasil peneliti dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara siswadengan menggunakan kelas VA dan VB SDN 24 Jati Gaung Padang pada tahun ajaran 2017/2018. Menggunakan model Role Playing. Berpengaruh terhadap hasil belajar keterampilan berbicara. Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Role Playing , Hasil Keterampilan Berbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:49
Last Modified: 10 Feb 2023 02:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10729

Actions (login required)

View Item View Item