PENGARUH MODEL KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI 08 ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Vanesa, Aulia Machyudi and Pebriyenni, Pebriyenni and Rieke, Alyusfitri (2018) PENGARUH MODEL KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI 08 ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (107kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 08 Enam Lingkung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 08 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA dan VB dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Total Sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor nilai akhir PKn ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen menggunakan model kooperatif Jigsaw sebesar 83,75 dan siswa kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah sebesar 71,05 dengan thitung=3,607 > ttabel 2,026 maka hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 08 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Untuk itu disarankan pada guru PKn untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:24
Last Modified: 10 Feb 2023 07:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10752

Actions (login required)

View Item View Item