MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VI DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DI SDN 05 TIUMANG KAB. DHARMASRAYA

Desi, Irayani and M., Nursi and MARSIS, MARSIS (2018) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VI DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DI SDN 05 TIUMANG KAB. DHARMASRAYA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (28kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya aktivitas belajar IPS siswa di sekolah karena pembelajaran masih terpusat pada guru, sehingga keaktifan siswa pada pembelajaran IPS sangat kurang. Akibatnya pemahaman siswa terhadap konsep IPS masih rendah. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan Aktivitas belajar Siswa kelas VI dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Learning start with a qustion. Tujuan penelitian supsya meningkatkan Aktivitas siswa kelas VI membaca bahan bacaan, memberi tanda pada bacaan, mebahas poin-poin pada bacaan dan menuliskan pertanyaan pada bacaan. Jenispenelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VI yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar keaktivan siswa, lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, di peroleh rata-rata persentase sebagai berikut: Aktivitas siswa membaca bahan bacaan siklus I (51,58%) siklus II (81,46%), memberitanda pada bacaan siklus I (55,55%), siklus II (85,18%), membahas poinpoin siklus I (57,22%, siklus II (83,33%), dan keaktifan siswa menuliskan pertanyaan siklus I (57,40%), siklus II (85,18%). Berarti pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Learning start with a question meningkat aktivitas belajar IPS siswa. Disarankan agar guru menggunakan strategi yang sesuai diantaranya menggunakan model pembelajaran Learning start with a question. Kata kunci: Aktivitas, Learning stasrt with a question.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 Feb 2023 04:16
Last Modified: 24 Feb 2023 04:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10989

Actions (login required)

View Item View Item