PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITEDI SDN 047/XI KOTO BARU

Eko, Helpiandri and Muhammad, Sahnan and Yulfia, Nora (2018) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITEDI SDN 047/XI KOTO BARU. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (133kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas diskusi dan membuat kesimpulan siswakelas IV pada pembelajaran IPSmateri tentang Permasalahan Sosial melalui Strategi Think Talk Writedi SDN 047/XI Kot Baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan lembar tes hasil belajar.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa.Hasil penelitian dalam dua siklus menunjukkan adanya peningkatan Aktivitas Belajar IPS melalui Strategi Think Talk Write.Aktivitas siswa dalam berdiskusi pada siklus I yaitu 45% mengalami peningkatan pada siklus II 82,05% dan aktivitas membuat kesimpulan pada Siklus I yaitu 50% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,05%. Dapat disimpulkan, melalui Strategi Think Talk Write dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas IV.Peneliti menyarankan agar guru dapat memilih dan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dalam mengajar, diantaranya dapat menggunakan Strategi Think Talk Writeuntuk meningkatkan aktivitas danhasil belajarIPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 Feb 2023 06:52
Last Modified: 24 Feb 2023 06:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10992

Actions (login required)

View Item View Item