PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII.1 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DI SMPN 9 PARIAMAN

MEGA, MUSTIKA and Pebriyenni, Pebriyenni and MUSLIM, MUSLIM (2020) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII.1 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DI SMPN 9 PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
4 MEGA MUSTIKA (1410013311011) ABSTRAK.pdf

Download (98kB)
[img] Text
4 MEGA MUSTIKA (1410013311011) BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
4 MEGA MUSTIKA (1410013311011) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
4 MEGA MUSTIKA (1410013311011) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
4 MEGA MUSTIKA (1410013311011) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
4 MEGA MUSTIKA (1410013311011) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
4 MEGA MUSTIKA (1410013311011) COVER.pdf

Download (68kB)
[img] Text
4 MEGA MUSTIKA (1410013311011) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas siswa dalm proses pembelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Peningkatakan aktivitas bertanya siswa dalam pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Kooperatif Jigsaw, (2) Peningkatan aktivitas menjawab pertanyaan dalam pembelajaran PKn melalui model Kooperatif Jigsaw, (3) Peningkatan aktivitas diskusi pada pembelajaran PKn melalui model Kooperatif Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes hasil belajar, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan: pertama, aktivitas bertanya siswa pada siklus 1 sebesar 61,25%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,09%. Kedua, aktivitas siswa menjawab pertanyaan pada siklus I sebesar 64,51%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85,48%. Dan ketiga, aktivitas siswa berdiskusi pada siklus I sebesar 77,41%, kemudian pada siklus II menjadi 93,54%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII.1 pada pembelajaran PKn di SMPN 9 Pariaman. Kata kunci: Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Kooperatif Jigsaw, Aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 22 Sep 2020 07:03
Last Modified: 22 Sep 2020 07:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1103

Actions (login required)

View Item View Item