PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KREATIF-PRODUKTIF OLEH SISWA KELAS V SD SABBIHISMA 2 PADANG

Yoan, Suriyadi Putami and Wirnita, Eska and Hidayati, Azkiya (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KREATIF-PRODUKTIF OLEH SISWA KELAS V SD SABBIHISMA 2 PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover, dll.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (10kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di lakukan karena rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Sabbihisma 2 Kota Padang,tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil menulis karangan deskripsi siswa kelas V Di SD Sabbihisma pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model kreatif-produktif, Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas,yang terdiri dari dua siklus,setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan,subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Sabbihisma 2 Kota Padang,yang berjumlah 26 orang,instrumen penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dalam proses pembelajaran,dan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari belajar kognitif siswa pada siklus I dengan rata-rata 78,12 meningkat menjadi 82.34 pada siklus II dengan ketuntasan 96% berdasarkan penilaian ranah afektif siswa pada siklus I di peroleh rata-rata siswa 70,55 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 80,30 dengan ketentuan keberhasilan 77%.berdasarkan lembar observasi penilaian ranah psikomotor siswa pada siklus I di peroleh rata-rata siswa 77,46 meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 88,9 dengan ketuntasan 80,62,Dari penelitian ini dapat disimpulkan dengan menggunakan model kreatif-produktif dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis karangan deskripsi siswa,peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model kreatif-produktif di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi . ----------------------------------------------------------------------------- Kata kunci :keterampilan Karangan Deskripsi,Kreatif-Produktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Feb 2023 08:44
Last Modified: 28 Feb 2023 08:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11175

Actions (login required)

View Item View Item