Miranda, Miranda and Wirnita, Eska and Hidayati, Azkiya (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU ENSIKLOPEDIA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 13 SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
55 MIRANDA1610013411058 Cover.pdf Download (97kB) |
|
Text
55 MIRANDA 1610013411058 Abstrak.pdf Download (101kB) |
|
Text
55 MIRANDA 1610013411058 BAB I.pdf Download (152kB) |
|
Text
55 MIRANDA 1610013411058 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
55 MIRANDA 1610013411058 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
55 MIRANDA 1610013411058 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
|
Text
55 MIRANDA 1610013411058 BAB V.pdf Download (110kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketersediaan dan penggunaan media pembelajaran Bahasa Indonesia yang masih terbatas di SDN 13 Surau Gadang. Akibatnya banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami dan mengerjakan soal Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan validitas pengembangan media pembelajaran buku ensiklopedia teks non fiksi (2) mendeskripsikan Praktikalitas media pembelajaran buku ensiklopediateks non fiksi (3) Mendeskripsikan efektifitas pengembangan media pembelajaran ensiklopedia teks non fiksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 13 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo tahun ajaran 2019/2012. Objek penelitian adalah media pembelajaran Bahasa Indonesia berupa buku ensiklopedia. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validitas, lembar praktikalitas, lembar efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validitas penelitian dan pengembangan media pembelajaran buku ensiklopedia teks non fiksi sangat valid dengan skor 95,7 % (2) praktikalitas media pembelajaran buku ensiklopedia teks non fiksi adalah praktis dengan perolehan rerata sebesar 85,8 %. (3) Nilai yang diperoleh siswa pada soal efektifitas lapangan menunjukkan nilai posttest lebih tinggi dari pada nilai pretest dengan selisih skor sebesar 710. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran buku ensiklopedia teks non fiksi memiliki kualitas sangat baik dan dapat membantu kesulitan siswa dalam memahami materi teks non fiksi. Kata Kunci: pengembangan, media Ensiklopedia, Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ahmad Elzuhri |
Date Deposited: | 30 Jun 2020 05:57 |
Last Modified: | 30 Jun 2020 05:57 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/114 |
Actions (login required)
View Item |